Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Industri Komponen Indonesia Harus Bisa Kalahkan Thailand

Sabtu, April 30th 2016.

Cibitung, KompasOtomotif – Industri otomotif dalam negeri selalu berkembang, baik di sektor perakitan maupun komponen. Buktinya, kapasitas produksi perakitan kendaraan bermotor ketika ini telah mencapai 1,9 juta unit per tahun dan komponen tumbuh lebih dari 1.000 unit perusahaan.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) menjelaskan, di Indonesia banyak produsen mobil yg memproduksi kendaraan, namun penyerapan tenaga kerja dan industri perakitan, komponen masih dinilai kecil seandainya dibandingkan Thailand.

“Penyerapan tenaga kerja di sektor itu baru mencapai 1,3 juta orang, sedangkan Thailand lebih dari itu. Jadi kami harus meningkatkan lagi, dan kami pasti bisa karena secara jumlah penduduk kami mencapai lebih dari 250 juta jiwa, sedangkan Thailand lebih rendah,” ujar Putu di acara Focus Group Discussion di Cibitung, Jumat (29/4/2016).

Putu melanjutkan, industri komponen di Indonesia tier sesuatu terdiri dari 550 perusahaan, tier dua, dan tiga 1.000 perusahaan. Sedangkan outlet, workshop, hingga suku cadang jumlahnya mencapai 14.000.

“Jangan nanti kapasitas produksi kalian telah lebih dari 2 juta unit tapi komponennya masih diimpor. Oleh karena itu kalian harus tingkatkan lagi industri komponen lokalnya. Dalam waktu 5 tahun ke depan kami yakni mampu lebih unggul dari Thailand, terutama dalam produksi komponen,” kata Putu.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), tahun dahulu sudah terjadi penanaman investasi total Rp 22.235.888.463.186, uraiannya Rp 2.378.016.159.186 dan US$ 1.470.953.430. Investasi tersebut dikerjakan oleh 76 perusahaan industri (perakitan maupun komponen) dengan total penambahan tenaga kerja sekitar 7.761 orang.

“Secara struktur industrinya kalian telah punya, tinggal kami perkuat saja  ke depannya,” kata Putu.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Industri Komponen Indonesia Harus Bisa Kalahkan Thailand

Senin 14 Desember 2015 | Berita Otomotif

Kehidupan ini sangat indah. Tak segala perjalanan hidup manusia berjalan dengan mulus. Tentu banyak rintangan dan hambatan dalam meraihnya. Kuncinya adalah kesabaran, keteguhan hati, memiliki…

Minggu 22 November 2015 | Berita Otomotif

Michigan -General Motors bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Otomotif Tentara Amerika Serikat atau US Army Tank Automotive Research, Development & Engineering Center (TARDEC), tengah mengembangkan…

Senin 4 Januari 2016 | Berita Otomotif

Zola Pedrosa -Produsen suku cadang otomotif – terutama suspensi – kondang yang berasal Italia, Marzocchi, lolos dari kebijakan likuidasi yg mulai dikerjakan pemiliknya, Tenneco. Lolosnya Marzocchi…