Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Indonesia Belum Sampai Tahap Uji Tabrak

Kamis, Januari 28th 2016.

Karawang, KompasOtomotif – Level Indonesia sampai ketika ini masih di tahapan sebagai produsen mobil bertaraf internasional. Tak cuma memenuhi pasar domestik, tapi juga permintaan pasar luar negeri.

Ketika bicara evaluasi produk, produsen di Indonesia menyerahkannya ke prinsipal utama. Seperti persoalan pengujian tingkat keamanannnya dengan crash test (uji tabrak).

Menurut Yui Hastoro, Direktur Teknikal dan Proyek Engineering PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Selasa (26/1/2016), di Karawang, Jawa Barat, buat mencapai level produsen yg dapat menyelenggarakan uji tabrak sangat panjang.

”Kenapa tak dibikin crash test di sini? Karena produsen harus melalui tahapan industri yg teratur. Pertama, istilahnya menerima gambar, dulu membuat. Kedua, mampu mendesain mobil, dahulu membuat. Desain dalam hal ini telah detail, termasuk peranti keselamatan,” ujar Yui.

Yui melanjutkan, tahapan paling ”ultimate” dalam sebuah industri otomotif adalah berada di level evaluator. Produsen tidak cuma dapat mendesain dan membuat, tapi juga mengevaluasi produk. Saat ini, Indonesia belum mencapai level tersebut, dan masih berada di level kedua yg telah akan mendesain dan membuat mobil.

Loncat ke tahap ketiga pun juga banyak yg harus dilakukan, termasuk hal yg detail. Yui memberi contoh, saat produsen merakit kantung udara, segala hal yg berkaitan dengan cara kerja harus diurut, seperti berapa waktu komponen itu meledak, atau berapa tekanannya dan sebagainya.

Indonesia, menurut Yui, bukan berarti tak dapat melakukannya. Namun, ketika ini fokus industri, terutama TMMIN, adalah mengejar produksi buat memenuhi permintaan dan selalu meningkatkan pencapaian bagi kemudian menuju tahapan paling utama.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Indonesia Belum Sampai Tahap Uji Tabrak

Rabu 13 Januari 2016 | Berita Otomotif

Purwakarta, KompasOtomotif – Nissan Grand Livina terbaru yg bakal meluncur tahun ini bukan generasi terbaru melainkan versi minor change. Seorang petinggi Nissan Motor Indonesia (NMI)…

Senin 30 November 2015 | Berita Otomotif

Surakarta, KompasOtomotif – NMAX tidak cuma menjadi incaran banyak orang di kota besar, namun juga di berbagai daerah. Surakarta adalah salah sesuatu kota yg juga…

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tokyo -Mobil mungil besutan Susuki Motor Corporation, Alto Lapi, memenangi Grand Prize Auto Color Awards 2015-2016 yg digelar oleh Japan Fashion Color Association (JFCA). Penghargaan ini…