Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Indonesia Belum “Cantik” Buat LCE

Kamis, April 14th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Program Low Cost Green Car (LCGC) yg terbit pada 2013 adalah magnet kuat bagi para produsen kendaraan bagi berinvestasi di Indonesia karena melihat peluang bisnis. Hingga ketika ini program itu masih dianggap cocok dengan keadaan dalam negeri seperti sekarang, sementara program lanjutannya, Low Carbon Emission (LCE) dirasa belum sesuai.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Yan Sibarang Tandiele menjelaskan, LCGC lah yg seharusnya selalu digenjot. Ia menyampaikan pasarnya besar dan diminati produsen.

“Begitu kami luncurkan segera ditangkap, (dianggap oleh investor) ada bisnis di situ. Mereka yg agresif. Kalau LCE itu berbeda, mereka melihat dahulu nih infrastruktur pendukungnya ada enggak?” kata Yan ketika ditemui di acara Indonesia International Motor Show, Selasa (12/4/2016).

Yan beranggapan syarat investor mau menanamkan modal harus BEP (Break Even Point/ impas antara modal dan biaya) lebih dulu. Investor itu tak mampu dipaksa, kata Yan, makanya Indonesia yg harus mengubah diri seperti gadis cantik supaya banyak orang yg tiba sebab kami yg butuh.

“Engga mungkinlah kami paksa, ya telah kami siapkan infrastrukturnya, perbaiki iklim, disiapkan secara bertahap,” papar Yan.

Petunjuk teknis LCGC sudah diterbitkan pada 2013 silam, sementara itu hingga sekarang Kemenperin belum menerbitkan aturan main LCE.

Sebelumnya Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, mengungkap ada berbagai kendala terkait LCE di antaranya kemudahan impor yg malah tak mendukung produksi dalam negeri, aplikasi membuat mobil konvesional agar beremisi karbon rendah, dan menunggu Indonesia masuk ke Euro IV.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Indonesia Belum “Cantik” Buat LCE

Rabu 3 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Produsen mobil India, Tata Motors, menyampaikan bahwa mereka mulai langsung mengganti nama city car terbarunya yakni Tata Zica. Perubahan nama itu karena persoalan…

Jumat 18 Desember 2015 | Berita Otomotif

London, KompasOtomotif – Land Rover Defender edisi ke-2 juta unit yg dilelang di Bonhams, London, Inggris pada 15-16 Desember 2015 telah laku terjual. Sport Utility…

Senin 11 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Per bulan April ini, produsen mobil mewah Mercedes-Benz Indonesia milik pimpinan baru. Adalah Roelof Lamberts, yg ditunjuk sebagai President & CEO Mercedes-Benz Indonesia…