Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

‘Indomobil Kapok Bikin Mobnas, Jangan Membangunkan Mimpi Yang Buruk’

Rabu, Februari 17th 2016.

Bogor -Indomobil Group sempat memiliki mimpi buat melahirkan mobil nasional (mobnas) Indonesia. Kini, perusahaan yg membawahi dua agen pemegang merek otomotif yang berasal Jepang dan Eropa itu tidak mau lagi membuat proyek mobnas.

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), Soebronto Laras mengatakan, dirinya kapok membuat mobnas. Sebab, dua tahun lalu, pihaknya sudah merencanakan sebuah mobnas bernama MR90. Mobnas yg digarapnya itu pun tak sukses.

“Kita sih udah kapok bikin mobnas. Bangkrut kan. Sudah lah jangan membangunkan mimpi yg buruk. Dulu kan waktu itu bikin MR90 itu kan hatchback, selalu ada minibus Kijang, selalu ada Suzuki. Mobil sedan kena pajak barang mewah 30 persen. Waktu itu minibus 0 persen. Waktu aku bilang ke Pak Menteri Perindustrian, dia bilang oke (pajak MR90 0 persen). Sudah dibicarakan ke Pak Harto (Soeharto, Presiden Republik Indonesia ketika itu) telah setuju 0 persen. Tapi pas jadi mobilnya, (pajaknya) bukan 0 persen, tetap 30 persen,” cerita Soebronto.

Baca juga: Deretan Mobil Nasional Indonesia

Memang, itu adalah masa dulu Soebronto yg menjadi mimpi buruk. Namun, Soebronto tetap tak ingin menggarap proyek mobnas ketika ini. Alasannya, membuat mobnas tidak semudah yg dipikirkan.

“Sekarang, yg menolong siapa? Sekarang mesti ada yg menolong dari pabrikan yg milik teknologi. Dulu aku sempat mau bikin mobilnya namanya Indomobil juga, itu pakai engineering dari Inggris. Mesinnya Suzuki tetapi bodinya adalah lokal. Namanya Indomobil. Problemnya, akhirnya kami belajar tidak segampang itu. Untuk mendapatkan izin keselamatan, emission control, itu aja kira-kira US$ 15 juta saat itu.Yabye-bye deh,”tuntasSoebronto.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article ‘Indomobil Kapok Bikin Mobnas, Jangan Membangunkan Mimpi Yang Buruk’

Jumat 4 Maret 2016 | Berita Otomotif

Kochi -Kerala, sebuah negara bagian di India bagian barat daya memiliki peraturan baru. Pengadilan Tinggi Kerala meminta kepolisian bagi mengambil tindakan kepada pengguna sepeda motor modifikasi.…

Minggu 28 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Jas hujan menjadi ‘alat tempur’ yg wajib dibawa oleh pemotor sebagai antisipasi menghadapi guyuran hujan. Apalagi di musim penghujan seperti ketika ini. Tapi terkadang baru…

Selasa 26 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kabar yg bikin shock banyak pihak dikerjakan PT Ford Motor Indonesia. Perusahaan mengumumkan penutupan operasional terkait dengan keputusan dari ford Motor Global…