Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Impor Truk Bekas Hanya Akan Mematikan Iklim Investasi

Kamis, Maret 10th 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru yg akan memperbolehkan impor segera truk bekas, dikhawatirkan mengganggu iklim investasi dan berimbas pada bisnis kendaraan niaga di Indonesia.

Salah sesuatu pemain kendaraan komersial yg mencurahkan kekhawatirannya adalah PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI). Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI dalam media gathering di Jakarta, Selasa (8/3/2016), menyampaikan bahwa peraturan itu jelas mulai berefek pada bisnis kendaraan niaga.

”Kami atau pabrikan telah investasi lebih besar bagi membangun pabrik, milik banyak karyawan dan jaringan. Inia dalah kebijakan yg menurut kita harus dibicarakan kembali,” ucap Kayanoki.

Kendati demikian, Kayanoki masih berharap adanya proteksi dari Kementerian Perindustrian tentang hal ini. Dirinya meyakini, mulai ada solusi bagi menolong para pemain kendaraan komersial agar tak terimbas impor truk bekas.

Direktur Pemasaran dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo menambahkan bahwa berguliranya peraturan tersebut sempat membuat bingung para pemain kendaraan niaga. Bahkan Gaikindo sebagai induk industri otomotif nasional tak dilibatkan dalam hal ini.

”Ini yg tidak jarang membuat aku bingung. Kalau memang akhirnya banyak yg impor truk bekas, apakah senista itu? Ada produksi (truk baru), seluruh infrastruktur juga ada. Saya pikir hal ini belum mengena, berlawanan atau menjadi anomali dengan investasi,” kata Santiko.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Impor Truk Bekas Hanya Akan Mematikan Iklim Investasi

Rabu 9 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – General Motors (GM) Indonesia telah  kehilangan banyak pekerja sejak pabrik satu-satunya yg memproduksi Chevrolet Spin di Pondok Ungu, Bekasi Jawa Barat (Jabar),…

Selasa 9 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana Korlantas Polri mengklasifikasikan Surat Izin Mengemudi (SIM) C berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor terancam menguap. Masih banyak persiapan yg harus dituntaskan…

Jumat 13 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Volvo dikabarkan bakal tidak mengurangi beberapa mobil sporty terbaru. Dengan mematenkan nama baru, pabrikan yang berasal Swedia itu diperkirakan mulai melahirkan model coupe. Dilansir Autoguide,…