Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Hyundai Terus Berharap Tambah Model Lokal

Sabtu, Februari 20th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) masih selalu berharap dapat merakit lebih banyak model di Indonesia. Selama ini HMI cuma memproduksi MPV H-1 secara Completely Knock Down (CKD) di pabrik Bekasi, Jawa Barat.

Operasi bisnis HMI hingga ketika ini masih mengandalkan skema impor dari Korea Selatan dan India. Kedua negara itu milik perjanjian Free Trade Area (FTA) dengan Indonesia yg menguntungkan karena beban pajak impor direncanakan turun hingga 5 persen.

Meski terbantu dengan metode itu Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno menyampaikan perusahaan tetap mau lebih banyak model dirakit di dalam negeri. Alasannya skema impor sangat dipengaruhi keadaan perekonomian termasuk nilai tukar dollar Amerika Serikat dengan rupiah. Tahun dulu ketika rupiah selalu terpuruk HMI melakukan pengetatan besar-besaran, dampaknya jumlah karyawan berkurang dari 900 orang ke 730 orang.

“Kalau dibilang (FTA) ada untungnya iya, tetapi kembali masalahnya harapan kalian tetap ada produk yg dapat CKD. Karena fluktuasi dollar, kalau tidak, mati,” ucap Mukiat, di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Mukiat menjelaskan telah meminta kepada prinsipal, Hyundai Motor Company, sejak tahun lalu, agar tidak mengurangi investasi di Indonesia buat tidak mengurangi model CKD, namun hingga ketika ini masih dalam tahap pertimbangan. Salah sesuatu yg masih dipelajari adalah model dengan visibilitas volume produksi sesuai.

“Maunya kita juga bukan cuma CKD bagi domestic tetapi juga ekspor. Produknya masih kita pelajari, nah belum ketemu yg pas. Kami juga harus lihat siklus hidup model, jangan nanti baru di-CKD 3 -4 tahun telah ada produk baru. Semua harus in-line,” papat Mukiat.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Hyundai Terus Berharap Tambah Model Lokal

Jumat 15 Januari 2016 | Berita Otomotif

Detroit – Sudah 130 tahun berlalu sejak Karl Benz dan Gottlieb Daimler memperkenalkan mobil pertama kalinya di dunia. Kedua insinyur itu secara terpisah mengembangkan kendaraan.…

Rabu 4 November 2015 | Berita Otomotif

Purwakarta – Setelah di Jepang booming, akhirnya Nissan menetapkan buat memperkenalkan Nissan X-Trail hybrid di Indonesia. Nissan memastikan, Indonesia menjadi negara ke-2 yg merasakan Nissan X-Trail…

Minggu 17 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sukses mempertahankan posisi Mitsubishi Fuso sebagai kendaraan niaga paling laris di Indonesia selama 45 tahun.…