ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Honda Mulai Pasarkan Motor Listrik Tahun 2018 Di Indonesia

Minggu, Maret 6th 2016.

Depok -Kabar gembira untuk para pecinta motor listrik. Honda EV-Cub bakal akan dijual secara global pada 2018, termasuk di Indonesia.

Sebelum itu terjadi, Honda masih selalu melakukan pengembangan. Salah sesuatu hal yg menjadi kendala ketika ini adalah menekan biaya baterai pada motor.

Chief Operating Officer of Motorcycle Operations  Honda Motor Co., Ltd, Shinji Aoyama menjelaskan harga baterai sangat berpengaruh pada penetapan harga jual motor.

Direncanakan pada 2018 motor listrik tersebut bisa dikomersialisasikan secara global, termasuk di Indonesia.

“Rencana 2018 di Indonesia. Tidak gampang buat mengomersialisasikan motor listrik. Harganya terlalu tinggi dan tak terjangkau untuk segala orang. Harga dari baterai yaitu kunci buat mengurangi biaya produksi. Ini yg sedang kita lakukan,” ujar Shinji, ditemui di sela-sela diskusi Potential of Electric Vehicle as an Alternative Mobility Solution di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (5/3/2016).

Shinji memberi contoh buat biaya baterai, bagi penggunaan motor listrik dibutuhkan tenaga sekitar 1.000 kWH. Jika dikonversikan dengan harga standar internasional, diperkirakan bagi baterai menghabiskan biaya sekitar $700 hingga $800 atau skitar Rp 9,1 juta.

Untuk menekan biaya baterai tersebut, Shinji melakukan kerjasama dengan pabrikan baterai lain.

“Saat ini baterai lithium tak diproduksi di banyak negara, cuma dua negara saja seperti Jepang, China, dan Korea. Butuh investasi yg besar buat membuat pabrik baterai. Oleh karena itu kalian berkolaborasi dengan pabrik baterai,” tandasnya.

Foto: Niken Purnamasari
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Honda Mulai Pasarkan Motor Listrik Tahun 2018 Di Indonesia

Kamis 17 Desember 2015 | Berita Otomotif

London -Jaguar kembali ke ajang balapan dunia. Bukan Formula 1, melainkan Formula E, alias balapan mobil formula yg memakai tenaga listrik. Jaguar mulai akan membalap tahun…

Jumat 20 November 2015 | Berita Otomotif

Madrid, KompasOtomotif – Juara Dunia MotoGP 2015 Jorge Lorenzo harus membatalkan keikutsertaannya di ajang Race of Champions (RoC) yg mulai diselenggarakan di London, Sabtu (21/11/2015).…

Minggu 31 Januari 2016 | Berita Otomotif

Yogyakarta, KompasOtomotif – Masih melanjutkan perjalanan , “All New Fortuner Journalist Test Drive” di kaki Gunung Merapi, Yogyakarta, kini kalian diarahkan menuju Kali Kuning. Lokasi…