ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Honda Kembangkan Transmisi Kopling Ganda Untuk Motor Sport

Jumat, Maret 25th 2016.

Tokyo -Insinyur Honda kini tengah mengembangkan girboks Dual Clutch Transmission (DCT) atau tranmsisi kopling ganda. Transmisi yg sedang dikembangkan itu nantinya mulai dipasang ke motor sport.

Dikutip dari Visordown, Jumat (25/3/2016), insinyur Honda DCT, Kosaku Takahashi sudah mengonfirmasi hal itu. Saat ini, DCT telah tersedia di dua motor Honda seperti NC750X, Africa Twin dan VFR1200F.

Kini, motor sport seperti CBR600RR belum tersedia pilihan DCT. Namun, di waktu mendatang kemungkinan motor sport itu bakal dilengkapi transmisi DCT.

Hambatan penting penerapan DCT pada motor sport adalah ukuran dan bobotnya. Karena DCT memakai beberapa kopling, motor dengan transmisi itu mulai lebih lebar dan lebih berat daripada transmisi manual biasa.

Misalnya pada NC750X dan Africa Twin, kedua motor itu lebih berat 10 kg. Namun, Takahashi menyebut bahwa Honda sedang mencari solusi bagi persoalan itu.

Menurut Takahashi, seandainya Honda mengadu balap antara beberapa motor dengan transmisi tradisional dan DCT, maka motor dengan DCT mulai lebih cepat. Sebab, cara kerja transmisi yg mulus membuat tak mulai ada lagi kehilangan dorongan selama pergantian gigi.

Dia juga mengklaim, motor MotoGP Honda RC213V bakal lebih cepat dengan DCT dengan motor bertransmisi tradisional berat yg sama.

(rgr/nkn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Honda Kembangkan Transmisi Kopling Ganda Untuk Motor Sport

Jumat 15 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Agen pemegang sejumlah merek otomotif premium, Garansindo, menyediakan sederetan program promosi di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta,…

Selasa 15 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta –Hallo detikOto, motor aku Suzuki Arashi mengalami kecelakaan. Bodi depannya hancur semua, sayapnya telah aku ganti dengan milik Jupiter MX. Namun ada kesulitan di lampu.…

Senin 2 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Kondisi ekonomi yg diprediksi mulai membaik tahun ini belum dirasakan segera oleh pebisnis aksesori. Bukannya tumbuh, dalam tiga bulan pertama tahun ini malah mengalami…