Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Hati-hati Ketipu Pelapis Jok Kulit Dan Sintetis

Kamis, Februari 25th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Jenis pelapis interior mobil yg tergolong baru, kulit sintetis, milik kelebihan sangat mirip dengan kulit asli. Tapi di yang lain sisi kelebihan itu mampu juga jadi kekurangan, karena bagi konsumen jadi sangat sulit membedakannya. Kalau telah begini hati-hati tertipu.

Paling rugi seandainya beli kulit asli yg harganya mampu sampai puluhan juta tetapi ternyata dikelabuhi penjual yang ternyata memakai kulit sintetis. Lantas bagaimana cara membedakannya?

Toto Limarga, Sales & Marketing Manager salah sesuatu pemain di bisnis kulit sintetis, Autoskin Indonesia, menjelaskan, sulit membedakan kulit asli dengan kulit sintetis yg telah terpasang misalnya pada jok. Bila dilihat dan diraba kulit sintetis identik dengan kulit karena memang dirancang demikian.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kulit “Dakota” pada jok BMW All-New X5.

Satu-satunya cara membedakan pakai indera penciuman, kata Toto. Pada kulit bau khasnya lebih menyengat sedangkan kulit sintetis tak terlalu.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Berbagai pilihan kulit balutan interior tersedia, dapat dipilih sesuai keinginan konsumen.

Ciri khas hampir identik ini juga yg dimanfaatkan banyak produsen mobil, termasuk di Indonesia. Pada mobil-mobil tertentu penggunaan kulit sintetis cuma di bagian punggung karena paling banyak bersentuhan dengan tubuh, sedangkan bagian jok lainnya menggunakan kulit sintetis. Dalam perkara yang lain produsen bilang pelapis joknya kulit asli padahal kulit sintetis.

“Kalau belum terpasang mampu dilihat dari lapisan di belakangnya, tetapi kalau telah jadi ga mulai ada bedanya kecuali bau. Konsumen harus tahu hal ini agar tak tertipu harga,” jelas Toto, Kamis (25/2/2016).

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Hati-hati Ketipu Pelapis Jok Kulit Dan Sintetis

Selasa 3 Mei 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, Suzuki Indonesia memperkenalkan program kunjungan pabrik bertema ‘Pabrikku Ladang Ilmu’. Program ini membuka kesempatan pelajar SD hingga perguruan…

Senin 23 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Tesla Motor Inc sudah menggulirkan kampanye perbaikan massal alias recall pada Model S di negara asalnya, Amerika Serikat. Mobil berteknologi listrik murni…

Minggu 31 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Apa jadinya seandainya sesuatu sepeda motor mampu mengangkut tujuh orang penumpang? Mustahil? Jawabannya tidak. Karena hal ini benar-benar terjadi. Dalam sebuah video yg disinyalir di…