Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Harga BBM Turun Tak Otomatis Angkat Penjualan Motor

Jumat, Januari 8th 2016.

Jakarta -Penjualan sepeda motor sepanjang 2016 ini diperkirakan tidak berbeda jauh dengan hasil penjualan selama 2015 yakni sekitar 6,45 – 6,5 juta unit. Turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada awal Januari ini dinilai belum mulai menjadi pemicu minat konsumen bagi membeli sepeda motor.

“Perkiraan kami, tahun ini penjualan masih lemah karena start-nya yakni di semester pertama ini juga lemah. Soalnya, penciptaan lapangan pekerjaan yg didorong oleh paket kebijakaan pemerintah VII dan VIII, baru dapat dirasakan pada kuartal kedua,” tutur Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Sigit menyebut penurunan BBM tak mulai banyak berpengaruh terhadap penjualan. Soalnya, masyarakat masih melihat harga bahan kebutuhan pokok.

“Apalagi harga BBM itu kan tergantung kepada mekanisme pasar seperti yg pernah disampaikan pemerintah. Dan pengalaman tahun dulu membuktikan, ketika harga BBM turun penjualan tetap lesu,” ucapnya.

Dengan fakta seperti itu, lanjut Sigit, maka penjualan sepeda motor dalam jumlah yg besar atau menyamai tahun-tahun sebelumnya mulai terjadi pada awal semester kedua. “Tapi harus diingat, dalam keadaan seperti itu, bukan berarti tak ada penjualan sama sekali. Penjualan ada, tapi tak sebesar ketika keadaan normal pada tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Sigit mengaku belum mendapatkan data lengkap penjualan motor sepanjang tahun 2015, namun dia memperkirakan penjualan motor sepanjang 2015 dulu cuma sebanyak 6,47 unit. Pencapaian itu meleset dari target yg ditetapkan yakni sebanyak 6,7 juta unit.

Meski trennya menurun, namun Sigit memastikan banyak pembeli sepeda motor yg yaitu konsumen baru. Pembelian didasari dua alasan yakni buat transportasi pribadi, penunjang kegiatan produktif seperti berdagang, ojek, dan lain-lain.

Foto: Grandyos Zafna

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Harga BBM Turun Tak Otomatis Angkat Penjualan Motor

Minggu 20 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Menentukan tempat dan rute sebelum akan berlibur sangat penting. Apalagi, Anda memakai kendaraan pribadi, karena ketika musim liburan seperti sekarang ini, dua…

Selasa 19 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Hasil positif Ducati di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bisa pujian dari Marketing Director Asia, Ducati Motor Holding SpA David James.…

Jumat 5 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Apa kabar motor sport 125 cc, Suzuki Thunder? Suzuki telah sekian lama tak melakukan perubahan apa pun pada Thunder. Terakhir dalam catatan detikOto, motor mengalami…