Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Hamilton Tercepat, Rio Resmi Tampil Di F1

Jumat, Maret 18th 2016.

Melbourne Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat pada sesi latihan pertama GP Australia yg berlangsung dalam keadaan basah. Rio Haryanto pun resmi menorehkan sejarahnya di dunia Formula 1.

Pada sesi yg berlangsung selama 1,5 jam, Jumat (18/3/2016), Hamilton menempatkan dirinya di puncak daftar waktu dengan sesuatu menit 29,725 detik, setelah melakoni 14 lap.

Tenpat kedua diduduki pebalap Red Bull, Daniil Kvyat, yg cuma terpaut 0,421 detik dari Hamilton. Rekan setimnya yg juga pebalap tuan rumah, Daniel Ricciardo, menguntit di posisi ketiga, walaupun di menit-menit akhir sesi ia sempat melebar ke gravel.

Bagaimana dengan Rio? Dia cuma melakukan enam lap dengan catatan waktu 1:43,372 — terpaut sekitar 13 detik Hamilton. Paling tidak, ia bukan pebalap di posisi buncit, karena di bawahnya ada Romain Grosjean dari tim Haas.

Tepat jam 12.30 waktu setempat, sesi latihan dimulai. Sebastian Vettel menjadi pebalap pertama yg masuk lintasan, disusul rekannya di tim Ferrari, Kimi Raikkonen.

Kemudian berturut-turut keluar pit adalah Nico Rosberg, Valtteri Bottas, Marcus Ericsson, Pascal Wehrlein, dan Lewis Hamilton. Mereka segala menggunakan paket ban basah, karena keadaan Albert Park memang basah dan cukup berangin.

Rio Haryanto menorehkan sejarahnya pada menit ke-14, saat ia masuk lintasan. Situs resmi F1 dalam live commentary-nya menulis, “The first official lap for an Indonesian in F1 history. Momentous stuff”.

Tak lama setelah Rio turun, sinar matahari akan lebih terang. Cipratan air di trek berkurang. Tapi sampai menit ke-20, sebagian besar pebalap masih melakukan installation lap, kecuali Rosberg dan Hamilton yg mencatatkan flying lap.

Memasuki menit ke-30, sirkuit relatif telah mengering. Jenson Button dan Daniel Ricciardo segera mengganti ban mobilnya, begitu pula dengan pebalap-pebalap yg lain.

Namun, sekitar 8 menit kemudian hujan kembali turun, walaupun tak besar. Alhasil, sejauh itu sesi berlangsung “adem-ayem”, karena para pebalap lebih nemilih berhati-hati dalam keadaan demikian.

Kondisi Albert Park akan cerah dan kering menjelang sesuatu jam sesi. Para pebalap pun telah menukar bannya dan semakin banyak yg tercantum pada papan waktu.

Max Verstappen menyita perhatian saat driver Toro Rosso itu melintir di tengah trek di Turn 6 dan 7, tetapi masih mampu mengendalikan mobilnya dan tak sampai mengenai pagar pembatas.

Bottas juga mengalami slip di 12 menit terakhir, setelah akan gerimis lagi. Begitu pun dengan Rio. Dia seperti tak mendapatkan grip dan kemudian meluncur cukup lebar ke gravel. Tapi ia tak apa-apa, walaupun masih belum melakukan catatan waktu.

Kimi Raikkonen juga mengalami sedikit slip di menit-menit terakhir, seperti halnya Ricciardo, yg sama seperti Rio, juga menyelonong ke gravel — tetapi dia telah mencatatkan waktu dan ada di peringkat ketiga.

Hanya Vettel dan Carlos Sainz Jr. yg tak mencatatkan waktu pada sesi latihan pembuka ini

Hasil FP1 GP Australia:


* Sumber: Formula1.com (a2s/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Hamilton Tercepat, Rio Resmi Tampil Di F1

Minggu 21 Februari 2016 | Berita Otomotif

Ingolstadt -Siapa yg tak kenal dengan teknologi Quattro yg dilahirkan oleh Audi. Kini, Audi pun pastikan Quattro masuki babak baru, dan bakal berbeda. Dilansir inautonews, Minggu…

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

Palo Alto – Tesla mengumumkan keberhasilan mereka mencapai target setelah penjualan di kuartal keempat 2015. Produsen mobil listrik yang berasal AS ini berhasil menembus penjualan…

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Merek kendaran roda empat, dengan deretan model yg banderol harganya selangit (premium) cukup banyak di Indonesia. Masing-masing merek tersebut juga pastinya milik…