Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

“Galak Nian Power” Yamaha Xabre

Selasa, Februari 2nd 2016.

Bogor, KompasOtomotif – Puas menikmati sensasi berkendara ala supermoto di atas Yamaha Xabre, kesempatan menggeber Sepeda Motor Sport terbaru di Carting International Circuit, Sentul, Bogor, (1/2/2016) tak disia-siakan KompasOtomotif. [Baca: Naik Yamaha Xabre Terasa “Pede” Mirip Supermoto]

Seperti yg diklaim sejak awal, sepeda motor ini milik karakter berbeda dengan V-Ixion atau R15 yg notabene milik platform mesin yg sama. Xabre lebih galak di putaran mesin per menit (rpm) bawah-menengah.

Kalau dilihat dari spesifikasi, torsinya cukup besar, 14,3 Nm diraih pada rpm 7.500, sementara tenaga maksimalnya mencapai 16,09 tk @8.500 rpm. Di atas kertas, sepeda motor ini memang bakal menyalak di awal, atau putaran mesin yg tidak begitu besar.

Benar saja, Xabre galak ketika digeber di awal. Akselerasi seakan tidak pernah dapat habis, feeling-nya seperti ”narik” dengan mesin berkapasitas lebih besar. Tentu saja, karakter seperti ini bakal sangat dominan di perkotaan.

Tapi, ketika putaran mesin memasuki rentang menengah-atas, atau saat KompasOtomotif mengajak lari lebih kencang di trek lurus ”Sentul kecil” Xabre akan sedikit loyo, alias akan keluar karakter mesin 150 cc sesungguhnya.

Manuver
Perlu dicatat, Yamaha membekali sepeda motor ini dengan suspensi upside down, ban lebih besar, serta swing arm lebih panjang, berdasarkan alasan bagi tidak mengurangi kestabilan. Suspensi model terbalik memang jago dibuat lari kencang, lebih sedikit goyang dan stabil.

Kelebihan itu didukung lengan ayun yg lebih panjang 5 mm dibandingkan R15, membuat sepeda motor ini enak diajak menikung. Kalau mampu, dimensi swing arm ini mendukung teknik menikung sedikit ”ngesot” layaknya di balapan supermoto.

Kestabilan juga terasa ketika menghadapi guncangan. Kecil propabilitasnya buat goyang ketika dipakai menikung miring. Sirkuit go-kart Sentul yg terkenal banyak tambalan dilewati dengan kokoh. Dipakai harian? Cocok!

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article “Galak Nian Power” Yamaha Xabre

Jumat 11 Maret 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – Suzuki Carry dengan emblem “Turbo” tertangkap kamera sedang parkir di gudang unit di India, seperti diberitakan Overdrive.in, Rabu (9/3/2016). Kabarnya Maruti…

Selasa 15 Desember 2015 | Berita Otomotif

Paris -Pabrikan mobil yang berasal Prancis, Citroen, menggandeng Bollore Group, memproduksi mobil pantai bersumber tenaga dari listrik, E-Mehari. Mobil berbaterai lithium polymer 30 kWh itu bisa…

Selasa 8 Desember 2015 | Berita Otomotif

Bangkok -Setelah lama dinanti kehadirannya di pasar Asia Tenggara, Honda akhirnya menunjukkan motor di keluarga 500 cc merupakan CBR500R, CB500F, dan CB500X. Selain memperkenalkan motor di…