Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Gaikindo Desak Impor Truk Bekas Dihentikan

Kamis, Maret 3rd 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johannes Nangoi mendesak pemerintah buat mengehentikan impor truk bekas. kebijakan ini dipastikan bakal merugikan bisnis otomotif di Tanah Air terutama buat merek-merek dengan pabrik perakitan.

“Kami sangat tak setuju dengan kebijakan tersebut dan kalian meminta agar kebijakan itu dihapuskan atau dihentikan, karena mulai merugikan segala produsen truk yg ada di Indonesia,” ujar Nangoi kepada KompasOtomotif, Rabu (2/3/2016).

Menurut Nangoi, kebijakan impor truk bekas juga bertentangan, sebab pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mendorong produsen mobil bagi berinvestasi mendirikan pabrik.

“Sebenarnya dua produsen truk di anggota kalian juga ada yg bersiap buat menjual truk besar seperti yg diimpor secara bekas. Kami telah bilang ke Kementerian Perindustrian dan kami selalu melobinya,” ujar pria yg juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, mengaku selalu memonitor Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru, khususnya impor truk bekas.

“Kita mulai selalu memonitor peraturan itu dan kami lihat bagaimana perkembangannya. Tapi menurut aku tak mulai mengganggu produsen truk di Indonesia, sebab truk bekas yg diimpor itu yg tak dijual di Indonesia,” kata Putu ketika dihubungi KompasOtomotif, Rabu (2/3/2016).

Truk bekas yg diimpor ke Indonesia itu, kata Putu, spesifikasinya benar-benar tak ada di Indonesia. Rencananya mulai digunakan bagi pembangunan infrastruktur.

“Seperti pembangunan jalan tol, MRT dan yang lain sebagainya yg memang membutuhkan truk-truk besar. Jadi bukan truk kecil yg diproduksi di Indonesia,” kata Putu.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Gaikindo Desak Impor Truk Bekas Dihentikan

Senin 7 Maret 2016 | Berita Otomotif

Singapura -Di bagian mobil mana Anda menyimpan payung? Bagasi? Ah biasa, Rolls-Royce menyimpan payung khusus di bagian pintu mobil lho. Ya betul, di bagian pintu mobil,…

Rabu 23 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bangkok, KompasOtomotif – Selain launching sport utility vehicle (SUV) menengah andalannya, MU-X dengan pilihan mesin baru, ternyata Isuzu juga milik jagoan lain. Adalah, pikap kabin…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -SUV Fortuner ditawarkan Toyota dengan beberapa tipe mesin merupakan mesin bensin berkapasitas 2.700 cc, serta 4×2 diesel 2.400 cc yg hadir pada VRZ A/T dan…