Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ford Juga Hengkang Dari Jepang

Selasa, Januari 26th 2016.

Tokyo – Tak cuma Indonesia, di tahun ini Ford juga mulai hengkang dari Jepang. Seperti apa?

Ford Motor Co mengemukakan mulai menghentikan seluruh operasinya di Jepang dan Indonesia pada tahun ini. Alasannya, seperti dikutip Reuters adalah ‘tidak ada jalur yg beralasan dalam mencapai keuntungan’ di kedua negara tersebut.

Ford mulai hengkang dari semua area bisnis termasuk menutup diler dan menghentikan penjualan serta import merek Ford dan Lincoln, seperti disebutkan Dave Schoch, Presiden Ford bagi Kawasan Asia Pasifik, dalam email-nya kepada segala karyawan di wilayah tersebut.

Menurutnya, pengembangan produk yg dikerjakan di Jepang mulai dipindahkan ke tempat lain.

“Sayangnya, ini berarti anggota tim kalian di Jepang dan Indonesia tak lagi bekerja bagi Ford Jepang atau Ford Indonesia sehubungan penghentian ini,” tulis Schoch dalam email-nya.

Ford mengikuti jejak sesama produsen otomotif yang berasal AS, General Motors Co yg tahun dulu menghentikan produksinya di Indonesia dan merumahkan 500 karyawan.

Ford memulai operasinya di Jepang tahun 1974 sedangkan di Indonesia mereka masuk akan tahun 2002. Reuters melaporkan Ford milik 35 staf dan 44 diler. Tahun dulu mereka menjual sekitar 6.000 unit kendaraan atau 0,6% dari total mobil baru di Indonesia.

“Di Indonesia, tanpa manufaktur lokal, tak mungkin pembuat kendaraan bersaing di pasar tersebut, dan kalian tak milik manufaktur lokal,” kata juru bicara Ford yg berbasis di Shanghai, China, ketika dikonfirmasi oleh Reuters mengenai email tersebut.

Sementara itu, Ford Motor Indonesia dalam situs resminya pada Senin, 25 Januari 2016, mengumumkan pernyataan kepada pelanggan:

“Hari ini kalian sudah mengumumkan keputusan bisnis yg sulit bagi mundur dari semua operasi kita di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi seluruh kendaraan Ford.

“Kami ingin memastikan bahwa Anda bisa selalu mengunjungi dealer Ford buat segala dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga dua waktu ke depan tahun ini.”

“Kami berkomitmen buat menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kita dan mulai menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian buat memberitahukan mengenai pengaturan yg baru.”

“Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kita mulai selalu mengkomunikasikan perkembangan yg ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.”

“Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kita di 0807-1-90-9000”

“Hormat kami, Bagus Susanto Managing Director, Ford Motor Indonesia”

BACA JUGA: FORD PUTUSKAN HENGKANG DARI INDONESIA

Pada hari yg sama, Ford Motor Indonesia juga membuat pengumuman buat media :

“Ford tetap berkomitmen bagi melayani pasar global sekaligus merestrukturisasi secara agresif bagian-bagian bisnis kalian yg tak memiliki jalur beralasan dalam mencapai pertumbuhan penjualan dan keuntungan yg berkesinambungan, khususnya di negara-negara di mana dinamika pasar yg ada tak memungkinkan kita buat mampu bersaing secara efektif.”

“Setelah mempelajari secara seksama setiap opsi yg memungkinkan, jelas untuk kita bahwa tak ada jalur menuju keuntungan yg bersinambungan untuk kita di Indonesia. Oleh karena itu, kita mulai menghentikan segala operasi di Indonesia sebelum akhir tahun 2016 dan mengkonsentrasikan sumber daya yg ada di tempat lain.”

“Keputusan ini baru saja kita ambil dan kalian telah mengkomunikasikan kepada semua karyawan dan dealer kami. Sejalan kita melaksanakan proses penutupan ini, prioritas kita adalah bagi memastikan bahwa kita memperlakukan karyawan dan mitra dealer kalian dengan hormat dan mendukung mereka di dalam transisi ini.

“Selain itu, kalian juga mulai menghubungi para pelanggan kita bagi menjelaskan komitmen kalian dalam memfasilitasi kesinambungan dukungan servis, suku cadang, dan garansi kendaraan mereka sehubungan dengan rencana penutupan ini.”

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article Ford Juga Hengkang Dari Jepang

Sabtu 14 November 2015 | Berita Otomotif

Hanover -Rumah desain yg pernah menjadi desainer bagi sejumlah mobil spektakuler Ferrari, Pininfarina, digaet pabrikan traktor yang berasal Ceko, Zetor, bagi merancang pembajak ladang. Hasilnya, sebuah…

Sabtu 14 November 2015 | Berita Otomotif

 – Beberapa bulan lalu, BMW Group Indonesia (BGI) resmi launching BMW Active Tourer pertama kali buat Indonesia. BGI mengklaim, BMW 218i Active Tourer ini yaitu…

Jumat 29 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kepindahan Jorge Lorenzo ke Ducati telah pasti terjadi akan musim 2017. Pertanyaan selanjutnya yg masih belum terjawab adalah, siapa pengisi bangku kosong…