Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ferrari Challenge Asia Pacific 2016 Digelar, Pebalap Indonesia Bersinar

Sabtu, Maret 12th 2016.

Suzuka -Ferrari Challenge Asia Pasific musim balap 2016 kembali digelar. Sirkuit Suzuka di Jepang menjadi sirkuit pertama gelaran Ferrari Challenge Asia Pasific ini.

Sebanyak 35 pebalap dari 12 negara berpartisipasi dalam balapan pembuka. Sirkuit sepanjang 5.807 km ini menjadi saksi balapan kompetitif antar pebalap, bersama dengan para penggemar yg menyaksikan serunya pertarungan yg berlangsung pada hari pertama ini.

Di kelas Trofeo Pirelli, Steve Wyatt, juara Asia Pacific Challenge 2015, tampil dan bersemangat di race pertama Ferrari Challenge Asia Pasific di Suzuka. Ia harus menghadapi banyak pesaing kuat tahun ini, salah satunya Florian Merckx yg menempati posisi ketiga kelas Trofeo Pirelli tahun 2015 di Eropa.

Florian sempat kehilangan posisi terdepan dan turun beberapa peringkat pada ketika sesi kualifikasi, dikarenakan mendapat penalti akibat melewati garis putih. Namun, ia selalu berjuang hingga berhasil mencapai baris terdepan dan memimpin balapan di posisi pertama. Tidak jauh di belakangnya, pebalap Indonesia Renaldi Hutasoit menempati posisi kedua dan posisi ketiga ditempati oleh Toru Tanaka dari Jepang yg harus bertarung melawan beberapa pebalap sekaligus, merupakan Steve Wyatt dan George Chou dari Taiwan.

Sementara di kelas Pirelli AM juga berakhir dramatis lewat balapan yg berlangsung ketat antara James Weiland dari Amerika Serikat dan Eric Cheung dari Kanada yg berselisih waktu cuma kurang dari sesuatu detik. Pada akhirnya, Weiland-lah yg berhasil menang atas Cheung dan menempati posisi pertama kelas Pirelli AM.

Di kelas Coppa Shell, Liang Wang, pebalap dari Cina menyelesaikan balapan dalam waktu 29’16.625, yg diikuti oleh Ken Seto dari Jepang dengan waktu 29’17.247, kemudian Yugo Tanabe, yg juga dari Jepang, di posisi ketiga dengan catatan waktu 30’07.357. Hasil ini yaitu suatu kemajuan besar untuk Wang yg tahun dahulu cuma berhasil merebut 2 posisi podium dari 13 balapan.

Sementara itu, pada race kedua Ferrari Challenge Asia Pacific 2016 di Suzuka, pebalap Indonesia, Renaldi Hutasoit sukses finish terdepan di kelas Trofeo Pirelli. Persaingan ketat terjadi antara Renaldi yg mengawali lomba dari urutan start terdepan, dengan Florian Merckx dari Belgia.

Kedua pebalap kelihatan saling berkompetisi seolah-olah mereka berada di dunia mereka sendiri sejak awal. Keduanya cuma dapat menyelesaikan 10 putaran sebelum safety car memasuki trek akibat sebuah insiden yg terjadi. Merckx berhasil memimpin balapan namun ia tetap mendapatkan tantangan dari Renaldi Hutasoit, sebelum safety car dikerahkan.

Tapi, dikarenakan Merckx melewati batas hitam saat bendera kuning tengah dikibarkan, ia pun mendapat penalti dan harus turun ke posisi ketiga dari posisi pertama. Steve Wyatt dari Australia pun berhasil merebut posisi kedua dengan catatan waktu 22’04.967.

“Saya menyukai trek Suzuka karena layout-nya yg terdiri dari dua tanjakan dan tikungan, dimana hal tersebut sangat menantang. Tetapi aku yakin bahwa kemenangan aku ini dikarenakan sirkuit dengan desain seperti ini sangat sesuai dengan gaya mengemudi saya. Saya juga mengubah strategi aku berdasarkan pengalaman dari balapan di hari sebelumnya dan selalu berusaha buat menjaga keadaan ban selama berhadapan dengan Merckx. Saya berharap masih memiliki 2 putaran lagi karena aku bersiap tampil lebih agresif dalam balapan. Bagaimanapun, aku sangat beruntung mampu menyelesaikan balapan ini di posisi pertama,” kata Renaldi Hutasoit.

Sedangkan di kelas Pirelli AM, pebalap pendatang baru yang berasal Amerika Serikat, James Weiland, berhasil meraih kemenangan keduanya secara berturut-turut dengan kembali memuncaki podium teratas. Weiland mengawali balapan di posisi pertama di kelasnya dan memimpin selama balapan hingga usai.

Di kelas Coppa Shell, Liang Wang yang berasal China kembali menuai sukses bagi kedua kalinya di kelas Coppa Shell. Berkat gaya mengemudinya yg berani, ia berhasil mempertahankan posisi terdepannya sepanjang balapan. Pebalap Makoto Fujiwara yg berasal dari Jepang selalu membuntuti dengan ketat di belakangnya. Akhirnya, Fujiwara pun harus rela berada di posisi kedua dengan catatan waktu 24’00.233, disusul seorang pebalap baru, Grant Baker yang berasal Selandia Baru, di posisi ketiga.

Putaran selanjutnya dari Asia Pacific Ferrari Challenge Trofeo Pirelli 2016 mulai dilangsungkan di Abu Dhabi pada 14-16 April 2016.

Foto: Dok. Ferrari
Renaldi Hutasoit (tengah) berhasil merebut posisi 1 di race 2 (Foto: Dok. Ferrari)

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Ferrari Challenge Asia Pacific 2016 Digelar, Pebalap Indonesia Bersinar

Selasa 9 Februari 2016 | Berita Otomotif

Sentul -Suzuki Satria F150 kini mengusung mesin injeksi terbaru. Suzuki mengklaim mesin ini sangat bagus sehingga Suzuki berpikir bagi memasang mesin tersebut di model motor lainnya.…

Rabu 27 Januari 2016 | Berita Otomotif

Badung – Sejak pengiriman perdananya pada Sabtu dulu (23/1/2016), telah lebih dari 1.000 unit Honda BR-V yg sampai ke tangan para konsumen di semua Indonesia.…

Rabu 6 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – MV Agusta sudah dinyatakan sedang di ujung tanduk. Merek sepeda motor yang berasal Italia itu mengalami krisis keuangan dan harus membayar hutang…