Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Faktor-faktor Ini Memengaruhi Naik Turunnya Penjualan Mobil

Minggu, Maret 13th 2016.

Jakarta -Lesunya perekonomian di Indonesia pada tahun 2015 dahulu membuat penjualan mobil di Indonesia juga ikut menurun. Akan tetapi, penjualan mobil di tahun ini diperkirakan mulai meningkat meskipun keadaan ekonomi belum sepenuhnya pulih.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan, penjualan mobil secara nasional pada 2016 mencapai 1.050.000 unit.

Di tahun 2015, perolehan penjualan mobil di Indonesia sudah mencapai 1.031.291 unit. Hal inilah yg membuat banyak pihak percaya mulai peningkatan penjualan mobil di tahun 2016 ini.

Kondisi ekonomi yg masih belum tumbuh dengan stabil membuat para agen pemegang merek (APM)  serta produsen mobil di Indonesia mematok angka tersebut.

Sekretaris Jenderal (Dekjen) Gaikindo Noegardjito menyampaikan seandainya ada dua faktor instan serta non-instan yg dapat saja mempengaruhi naik dan turunnya penjualan mobil di Indonesia. Faktor instan seperti bunga bank, inflasi, dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Bunga bank mempunyai pengaruh yg cukup besar, karena 65% membeli mobil secara kredit.

Sementara bagi kenaikan harga BBM dapat dipastikan membuat konsumen menunda pembelian kendaraan.

Sedangkan bagi faktor non-instan, ada pada seberapa besar pertumbuhan ekonomi selama 2016 dan keadaan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Adanya fluktuasi pada nilai tukar rupiah ini telah pasti mulai berdampak pada naiknya biaya komponen kendaraan.

Karena itulah, biaya produksi mobil juga dapat naik dan memicu para APM menaikkan harga produk kendaraan mereka. Hal ini juga yg kadang menjadi pertimbangan banyak konsumen yg ingin membeli produk otomotif.

Untuk target resmi sebanyak 1,05 juta. Strateginya masing-masing APM pasti beragam. Para APM pun percaya mulai hasilnya kemudian.

Foto: Agung Pambudhy
Foto: Agung Pambudhy
Foto: Agung Pambudhy

(ddn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Faktor-faktor Ini Memengaruhi Naik Turunnya Penjualan Mobil

Selasa 29 Desember 2015 | Berita Otomotif

Manila -Honda Cars Philippines mengumumkan peluncuran Honda Jazz Mugen yg didasarkan dari Honda Jazz 1.5 V. Mobil edisi ini dibuat secara terbatas sebanyak 12 unit. Seperti…

Kamis 21 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Setelah tahun dahulu penjualan mobil menurun 16 persen dibanding tahun sebelum, tahun ini diperkirakan naik, meskipun tipis. volume penjualan diperkirakan mencapai 1,05 juta unit dari…

Jumat 15 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Hari ini, Jumat (14/4/2016), Pertamina resmi memperkenalkan bahan bakar diesel terbaru Dexline. Apa komentar Nissan? “Jujur aku belum liat spek-nya, tetapi kualitasnya di bawah Pertadex…