Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Esemka Tanpa Ikatan Dengan Proton Dan Geely

Selasa, Maret 22nd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Isu mobil bermerek nasional kembali naik kepermukaan setelah adanya pembangunan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Otomatis, fakta ini kembali mengangkat cerita lama mengenai adanya jalinan kerjasama antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dengan Proton yg disepakati Februari 2015 lalu.

Selain itu, berkembangnya keterangan di lapangang, Esemka juga dikabarkan milik kaitan erat dengan PT Geely Mobil Indonesia, lewat pabrik di Cileungsi, Bogor Jawa Barat. Lantas, apa sebenarnya hubungan Esemka dengan Proton atau Geely?

Menanggapi hal ini, Dwi Budi Martono Direktur Teknik Esemka memastikan kalau tak ada perjanjian mengikat antara perusahaan dengan Proton. Selain itu, pria yg akrab disapa Totoa ini meyakinkan, kalau tak ada sesuatu komponen pun yg digunakan Esemka yaitu pasokan dari merek yang berasal Malaysia itu.

“Yang kerjasama itu kan Adiperkasa Citra Lestari (ACL) bukan Esemka. Tidak ada hubungan antara Proton sama Esemka sampai ketika ini,” ucap Toto kepada KompasOtomotif di Solo, Minggu (13/3/2016).

Menurut Toto, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yg terjadi awal 2015 lalu, tak menyangkut PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE), melainkan ACL. Meskin menjadi bagian dari group tetapi ia menegaskan tak ada kaitan apapun antara Proton dengan Esemka.

Geely

Setelah Proton, PT Geely Mobil Indonesia juga dikabarkan berkaitan dengan rencana produksi Esemka dalam waktu dekat. Faktanya, telah disiapkan fasilitas pabrik komponen dan suku cadang yg berlokasi sama dengan gudang penyimpanan Geely di Cileungsi, Bogor. Plang perusahaan, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, telah tersemat sebagai indentitas fasilitas ini.

Ghulam/KompasOtomotif Jalan masuk menuju pabrik mobil Esemka.

Terkait ini, sumber KompasOtomotif yg mengetahui rencana ini, mengatakan, ketika ini ACL tengah menggandeng Geely membangun kerjasama di bidang otomotif. Bahkan, ada upaya dua kali dari pihak Geely bagi ikut terlibat dalam proyek Esemka di Indonesia.

Salah sesuatu opsi kerja sama, adalah berbagi komponan dan sistem penggerak (power train) sama antara kedua merek. Namun, opsi ini ditolak Esemka karena dianggap tak feasible.

“Esemka sempat dua kali diajak kerjasama, salah satunya mengenai nomor rangka dan vehicle identification number (VIN). Jadi mereka mau memakai VIN Esemka, tetapi ini tak mampu karena nomor rangka itu kan menunjukan titik produksinya, masa Esemka di produksi di Bogor, kalian mau tetap produksi ada di Jawa Tengah,” ucap sumber itu kepada KompasOtomotif.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Geliat Mobil Merek Nasional Esemka

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Esemka Tanpa Ikatan Dengan Proton Dan Geely

Selasa 5 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Ada gula ada semut, setidaknya jadi ungkapan yg tepat bagi menggambarkan segmen skuter matik Tanah Air. Punya segmen pasar terbesar, membuat dua…

Rabu 20 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif — Berapa sih nilai kontrak yg ditawarkan Ducati untuk Jorge Lorenzo hingga akhirnya ia mau meninggalkan Yamaha, tim tempat dia mendapatkan tiga kali gelar…

Senin 23 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota All-New Kijang Innova akhirnya resmi diluncurkan di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2014). Sang legenda kini lahir kembali, berubah hampir…