Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Enjoy Saja, Rio

Sabtu, Maret 19th 2016.

Melbourne -Hari ini Rio Haryanto mulai melanjutkan penampilannya di Free Practice III dan kualifikasi. Diharapkan pemuda Indonesia itu dapat lebih menikmati keberadaannya di level barunya itu.

Rio kemarin sudah melakoni debutnya di Formula 1 dengan mengikuti beberapa sesi latihan bebas. Dalam keadaan trek yg basah, dia mengakui menemui kesulitan tersendiri.

“Hari ini cuaca amat berbeda, sungguh. Saya belum pernah menjalankan mobil F1 dalam keadaan basah, so latihan tadi cukup membuat aku frustasi. Tapi justru keadaan itu cukup positif karena aku mendapatkan pengalaman ini secepatnya,” kata pria berusia 23 tahun itu.

Dibandingkan dengan rekan setimnya di Manor, yg juga sama-sama rookie, Pascal Wehrlein, catatan waktu Rio masih di bawah pebalap Jerman berusia 21 tahun itu.

Mantan pebalap nasional Ananda Mikola turut hadir di Albert Park, bersama ayahnya yg juga mantan pereli legendaris, Tinton Soeprapto, dan General Manager Sirkuit International Sentul, Lola Moenik.

“Kami tiba bagi memberi dukungan segera kepada Rio. Saya yakin, segala orang Indonesia pasti bangga melihat Rio kemarin. Akhirnya ada nama orang Indonesia di sana, ada bendera Merah Putih yg berkibar di Albert Park. Selamat untuk, Rio. Kami bangga pada kamu,” ujar Nanda.

Kepada detiksport Nanda mengatakan, dirinya sempat menemui Rio di areal paddock — dirinya mengantongi invitation pass dari F1.

“Saya ‘kan telah kenal Rio sejak dia masih anak-anak. Keluarga kalian dan keluarga Rio telah seperti saudara. Tadi aku ngobrol sama Rio, menyemangati dia,” tutur Nanda, yg pernah tampil di ajang Formula 3000, yg kala itu levelnya sesuatu kelas di bawah F1.

Berdasarkan pengamatan Nanda, penampilan perdana Rio telah cukup baik, dalam arti, dia dapat melaluinya dengan oke, walaupun sempat melebar ke gravel pada FP1, pada lintasan yg basah. Namun, ada dua hal yg menjadi catatan dia.

Overall, dia tak ada masalah. Rio kelihatan fit, bahkan menurut aku lebih fit daripada Pascal. Namun memang dia perlu meningkatkan lap time-nya, karena di bawah Pascal. Saya yakin, Rio mulai mampu finis, tetapi memang speed-nya harus lebih baik lagi,” ungkapnya.

“Intinya, kita berharap Rio dapat lebih rileks. Saya sih melihatnya dia masih nervous. Agak terlihat berbeda dengan Pascal, yg tampaknya tampak lebih pede.”

Kondisi itu dianggap Nanda sebagai satu yg wajar. Sebagai seorang rookie, Rio memerlukan waktu buat beradaptasi dengan segala hal baru yg sedang dia jalani.

Enjoy saja ya, Rio. Mudah-mudahan ke depan dia dapat tampil lebih lepas, dapat membebaskan dirinya dari pressure-pressure yang dia rasakan, mungkin salah satunya ekspektasi tinggi dari masyarakat Indonesia. Mungkin banyak dari kami yg segera berharap Rio dapat finis, dapat bisa poin, bahkan nyinyir dan lain-lain. Padahal semuanya butuh proses,” simpul Nanda.

Sesi Free Practice III mulai dimulai pukul 10.00 WIB, sedangkan kualifikasi tiga jam kemudian.

(a2s/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Enjoy Saja, Rio

Selasa 29 Desember 2015 | Berita Otomotif

Wolfsburg -Merek mewah punya Grup Volkswagen (VW) mulai memperketat pengeluaran sepanjang 2016 nanti, termasuk menunda pembangunan terowongan angin di Jerman. Kebijakan itu ditempuh Grup VW buat…

Minggu 13 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Berbagai skenario menarik Indonesia menggelar balapan sepeda motor paling prestis, MotoGP, sudah banyak diungkap namun sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari…

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bicara tampilan, fitur hingga ubahan yg dikerjakan Toyota pada All New Fortuner, telah relatif optimal. Tetapi, produsen yang berasal Jepang itu masih…