PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK ISUZU

Surabaya- Jawa Timur

Menu

Empat Langkah Tepat Untuk Majukan Industri Komponen

Sabtu, April 30th 2016.

Cibitung, KompasOtomotif – Industri komponen otomotif di Tanah Air dalam waktu lima tahun kedepan harus dapat unggul dari Thailand. Secara sumber daya manusia (SDM), Indonesia jelas mampu, karena jumlah penduduknya lebih besar dari Negeri Gajah Putih.

Namun, buat mewujudkan segala itu tak gampang seperti membalikan telapak tangan. Perlu dukungan khusus, terutama dari pemerintah dan pihak terkait lainnya.

Menurut I Made Dana M Tangkas, Ketua Komite Tetap Industri Logam, Manufactur Alat Transportasi, dan Elektronik Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), pihaknya bersama dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memiliki rencana jangka pendek bagi memajukan industri komponen otomotif Indonesia.

“Saya mewakili Kadin dan Gaikindo, setelah melihat tadi di lapangan, memang ada dua hal yg harus langsung kalian tindaklanjuti. Kita milik empat langkah yg mampu dikerjakan dalam waktu dekat bagi memajukan industri komponen otomotif,” kata Made di acara Focus Group Discussion FKIN di Cibitung, Jumat (29/4/2016).

Made mengurutkan, langkah pertama, bagaimana membangun industri komponen, dan pemasok yg mampu segera terkait dengan tier satu, dua, sampai tiga.

Kedua, melihat dari kepentingan pengadaan komponen, perlu langsung membangun atau memetakan seluruh fasilitas, seperti pengujian kendaraan, dan evaluasi. Agar benar-benar dapat mengetahui apa komponen atau suku cadang yg mampu dibuat di Indonesia. Ketiga, lanjut Made, buat memperkuat itu, harus mampu mengembangkan SDM.

“Tetapi hal yg sesuatu ini, para pabrikan dan perusahaan komponen ada yg telah melakukannya, seperti membuat training center dan yang lain sebagainya. Namun, perlu kami tidaklanjuti lagi kedepannya agar lebih maksimal,” ujar pria yg juga menjabat sebagai Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Terakhir (keempat), yg tak kalah pentingnya adalah membuat strategi yg mampu mengundang investor berinvestasi di Indonesia. Namun harus sesuai dengan road map, agar mampu membangun industri komponen otomotif sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

“Saya rasa empat hal itu lalu yg mulai kami laksanakan dalam waktu dekat. Untuk jangka panjangnya, kalian mulai bahas di yang lain waktu,” ucap Made.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Empat Langkah Tepat Untuk Majukan Industri Komponen

Sabtu 16 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Satu hari menjelang berakhirnya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, jumlah total transaksi yg tercatat sudah mencapai Rp2,1 triliun hasil dari penjualan…

Kamis 3 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Gelagat kedatangan Toyota All-New Fortuner muncul lagi. Memasuki bulan terakhir 2015, diskon model lama semakin tinggi dari diler seakan menunjukan kalau Toyota…

Kamis 14 Januari 2016 | Berita Otomotif

Berita ini diturunkan buat memberikan ralat terhadap pemberitaan sebelumnya yg menyampaikan bahwa pengelompokan SIM C mulai berlaku sejak 1 Mei 2016. “Saya tegaskan rencana pembagian…