Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Duo Merek China Berusaha Bertahan Di Indonesia

Selasa, Februari 23rd 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Mengutip data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan beberapa produsen otomotif yang berasal China, Chery dan Geely sepanjang 2015 cukup buruk. Tahun lalu, Chery sama sekali tak jualan, sedangkan Geely cuma 135 unit.

Di awal 2016, kedua merek yang berasal China itu juga minim melakukan aktivitas penjualan. Bahkan, Chery menghilang dari daftar penjualan mobil di dalam negeri.

Ketika dikonfirmasi, menurut Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia (GMI) dan Chery Mobil Indonesia (CMI) Hosea Sanjaya, pihaknya sedang menyiapkan strategi agar dapat bertahan di pasar otomotif nasional.

“Kita sedang sesuaikan produk yg sebelumnya CBU (completely buit up), kemudian segala mulai CKD (completely knock down) atau IKD (Incompletely Knocked Down),” ujar Hosea ketika dihubungi KompasOtomotif, Senin (22/2/2016) sore.

Jika dilihat dari data Gaikindo, merek Chery memiliki tiga model yg statusnya masih diimpor utuh dari China dan Malaysia. Tiggo SX dari China, Tiggo GX, Eastar ES yg berstatus CBU Malaysia, dan Q22B dikirim utuh dari China. Sisanya seperti city car QQ S dan SX telah CKD.

Sedangkan Geely, cuma model MK  yg statusnya telah CKD, sisanya seperti LC, Emgrand hingga LC Cross diimpor utuh dari negara asalnya, China.

“Jadi nanti yg masih CBU mulai kami CKD atau IKD-kan. Kita sedang upayakan itu,” kata Hosea.

Selama ini, proses perakitan Chery dikerjakan di fasilitas grup Indomobil, sedangkan Geely di pabrik perakitan punya Astra di Gaya Baru Motor. Sampai ketika ini, PT GMI memiliki lebih dari 15 cabang jaringan penjualan di semua Indonesia.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Duo Merek China Berusaha Bertahan Di Indonesia

Rabu 27 April 2016 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Skandal pelanggaran uji emisi yg dikerjakan produsen mobil yang berasal Jepang, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), berbuah pada kabar mundur beberapa pimpinan eksekutifnya.…

Selasa 26 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Sama seperti desain wajahnya, interior Sienta juga tak dapat segera dianggap oke bagi segala orang. Wajar, karena pengisi kelas antara Veloz dan…

Kamis 3 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Sebanyak 20 tim dari 13 perguruan tinggi di Tanah Air bersiap mewakili Indonesia dalam kompetisi adu irit bahan bakar kendaraan ‘Shell Eco-marathon Asia…