Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Duo Merek China Berusaha Bertahan Di Indonesia

Selasa, Februari 23rd 2016.


Jakarta, KompasOtomotif
– Mengutip data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan beberapa produsen otomotif yang berasal China, Chery dan Geely sepanjang 2015 cukup buruk. Tahun lalu, Chery sama sekali tak jualan, sedangkan Geely cuma 135 unit.

Di awal 2016, kedua merek yang berasal China itu juga minim melakukan aktivitas penjualan. Bahkan, Chery menghilang dari daftar penjualan mobil di dalam negeri.

Ketika dikonfirmasi, menurut Presiden Direktur Geely Mobil Indonesia (GMI) dan Chery Mobil Indonesia (CMI) Hosea Sanjaya, pihaknya sedang menyiapkan strategi agar dapat bertahan di pasar otomotif nasional.

“Kita sedang sesuaikan produk yg sebelumnya CBU (completely buit up), kemudian segala mulai CKD (completely knock down) atau IKD (Incompletely Knocked Down),” ujar Hosea ketika dihubungi KompasOtomotif, Senin (22/2/2016) sore.

Jika dilihat dari data Gaikindo, merek Chery memiliki tiga model yg statusnya masih diimpor utuh dari China dan Malaysia. Tiggo SX dari China, Tiggo GX, Eastar ES yg berstatus CBU Malaysia, dan Q22B dikirim utuh dari China. Sisanya seperti city car QQ S dan SX telah CKD.

Sedangkan Geely, cuma model MK  yg statusnya telah CKD, sisanya seperti LC, Emgrand hingga LC Cross diimpor utuh dari negara asalnya, China.

“Jadi nanti yg masih CBU mulai kami CKD atau IKD-kan. Kita sedang upayakan itu,” kata Hosea.

Selama ini, proses perakitan Chery dikerjakan di fasilitas grup Indomobil, sedangkan Geely di pabrik perakitan punya Astra di Gaya Baru Motor. Sampai ketika ini, PT GMI memiliki lebih dari 15 cabang jaringan penjualan di semua Indonesia.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Duo Merek China Berusaha Bertahan Di Indonesia

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Mahasiswa Indonesia telah memiliki niat baik bagi melahirkan mobil listrik sendiri. Bahkan, mahasiswa dari Universitas Pasundan mengaku memiliki tujuan buat memproduksi massal mobil…

Jumat 19 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Masih dalam nuansa meriahnya launching Suzuki All New Satria F150 di Sentul International Circuit, 16 Februari 2016, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)…

Rabu 4 Mei 2016 | Berita Otomotif

Surabaya, KompasOtomotif – Setelah tercetus kerja sama sejak 2015, akhirnya produk kolaborasi Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, diperkenalkan. Adalah prototipe sepeda motor…