Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Dipajaki 5 Kali Lipat Dibanding Amerika, Industri Otomotif Jepang Teriak

Senin, Januari 4th 2016.

Tokyo -Para produsen mobil di Jepang menyatakan keberatan atas rencana pemerintah negeri itu yg mulai menaikkan tarif pajak kendaraan bermotor, karena semakin menyurutkan minat pembelian mobil.  Maklum, selama ini pajak mobil di Jepang lima kali lipat dibanding pajak yg sama di Amerika Serikat.

Pernyataan Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) yg dilansir Inautonews, Senin (4/1/2016),  menyebut, bulan dulu Partai Liberal Demokrat mengusulkan kenaikan pajak berjenjang buat pembelian mobil akan April 2017.

Namun, JAMA sudah melobi agar kebijakan iitu tidak dilaksanakan, karena konsumen sudah membayar pajak pada ketika mereka melakukan pembelian.

“Kami tak tahan lagi. Pajak telah terlalu tinggi dan seandainya ini selalu dilakukan, maka mulai sulit untuk industri otomotif buat memainkan peran penting dalam ekonomi Jepang.  Peringatan ini yaitu yg terbaru, pembuat mobil khawatir tentang penjualan domestik (yang selalu melorot) setelah pajak mulai diterapkan,” papar Ketua JAMA, Fumihiko Ike.

Menurut Asosiasi, ketika ini konsumen Jepang sudah membayar pajak lima kali lipat dibanding konsumen di Amerika Serikat. Walhasil, banyak orang-orang muda di Negeri Matahari Terbit itu yg mengaku tidak ingin memiliki mobil.

Bahkan, sejak 2002 dahulu pembelian mobil oleh konsumen dengan usia di bawah 40 tahun sudah melorot hingga 46 persen. Lantaran itulah, banyak produsen mobil  Jepang yg mengalihkan proses produksi ke luar negeri.

Mereka juga berusaha keras bagi memperluas pasar di mancanegara ketimbang di dalam negeri. Terlebih, selama pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe nilai tukar Yen melemah.

Pemerintah Jepang sendiri manrgetkan pajak penjualan tumbuh dari 8% menjadi 10% akan April 2017 mendatang.

Foto: Rengga Sancaya
Foto: Grandyos Zafna
Foto: Grandyos Zafna
Foto: Grandyos Zafna

(arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Dipajaki 5 Kali Lipat Dibanding Amerika, Industri Otomotif Jepang Teriak

Sabtu 16 April 2016 | Berita Otomotif

  Jakarta, KompasOtomotif –  Anomali pasar yg terjadi sepanjang 2015 diprediksi masih mulai terasa sampai semester pertama tahun ini, termasuk sektor otomotif. Tapi, kenyataannya pasar…

Rabu 2 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jeneva – Toyota C-HR akhirnya muncul juga di Geneva Motor Show 2016.Sumber: http://oto.detik.com

Kamis 17 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Bulan depan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah bersiap launching All-New Fortuner. Meski peluncurannya sekitar lima minggu lagi, tetapi bocoran keterangan mengenai Sporty…