ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Deteksi Sendiri Kerusakan Transmisi Matik Pada Mobil

Rabu, Desember 23rd 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Transmisi otomatik pada mobil lebih rentan rusak ketimbang transmisi manual. Selain milik komponen lebih kompleks, transmisi macam ini juga butuh perhatian ekstra. Ada gejala kurang baik sedikit dulu dibiarkan, akibatnya mampu fatal.

Beberapa montir dan ahli transmisi di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur, sepakat bahwa bagi mendeteksi kerusakan transmisi ini sangat gampang, bahkan tidak perlu alat khusus.

”Bisa dijajal sendiri. Kalau telah biasa membawa sehari-hari, pemilik makin mudah mendeteksi kerusakannya. Dirasakan saja, pasti ada beda kalau mau rusak,” kata Adang Gumilang, salah sesuatu montir ahli, (23/12/2015).

Menurut Adang, cara mendeteksi ini adalah langkah awal, alias cuma mengandalkan panca indera manusia. Selebihnya, tetap buat penanganannya, harus dibawa ke bengkel yg berpengalaman.

Berikut langkah-langkah bagi mendeteksi kerusakan awal pada transmisi otomatik mobil:

1. Cek pelumas transmisi. Caranya, hidupkan mesin, dulu periksa dipstick oli. Kalau warnanya telah keruh, kehitaman, atau cokelat gelap, dulu ada serbuk kecil mirip serbuk halus besi, berarti ada yg tidak beres dengan transmisi. Ada gesekan yg cukup kasar dialami transmisi dan mengikis komponen.

2. Tes awal. Pindahkan transmisi dari R atau N ke D, bila ada bunyi ketika dipindahkan, artinya ada kerusakan komponen. ”Biasanya bunyi ’tek-tek-tek (cepat)’ atau ’krek’ yg keras,” kata Adang.

3. Uji jalan. Coba ajak jalan. seandainya setiap perpindahan ada hentakan yg tidak wajar, apalagi muncul suara kasar, kinerja transmisi berarti tak lagi normal.

4. Sesekali dirasakan tiba-tiba transmisi ”los”, meskipun posisi tuas ”masuk” ke posisi D. Artinya, kerusakan telah dalam tahap yg cukup kronis.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Deteksi Sendiri Kerusakan Transmisi Matik Pada Mobil

Sabtu 2 Januari 2016 | Berita Otomotif

Los Angeles -Seorang wanita yg diduga mabuk berat zat psikotropika dari daun ganja menabrak Ferrari 458 Speciale punya aktor yg juga produser kondang Steve Goldfield di…

Senin 21 Desember 2015 | Berita Otomotif

London -Bukan rahasia kalau pasar Eropa hingga ketika ini menjadi pasar terbesar buat Ford. Untuk mengapresiasi hal tersebut, Ford menghadirkan All New Focus khusus Eropa. Dilansir…

Kamis 19 November 2015 | Berita Otomotif

Tangerang -Pemerintah Kota Tangerang menjalin kerja sama dengan pabrikan bus dan truk yang berasal Jepang, Hino bagi penyediaan Bus Rapid Transit (BRT). Sebanyak 10 unit bus…