ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

‘Cuma Beda Buntutnya, Pajak Sedan Lebih Mahal Daripada Hatchback’

Rabu, Maret 30th 2016.

Jakarta -Saat ini PPnBM sedan di Indonesia masih terbilang tinggi sebesar 30 persen. Sementara PPnBM hatchback yg basisnya dari sedan lebih kecil merupakan 10 persen.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan, perbedaan sedan dengan hatchback cuma pada buntutnya. Sedan memiliki buntut berupa bagasi yg terpisah dengan kabin, sementara hatchback tak memiliki buntut.

“Kita lihat bedanya sedan hanya di bagasi doang sama hatchback. Kan aneh. Yang ada buntutnya 30 persen, yg memapak begitu 10 persen,” kata Jongkie.

Jenis kendaraan antara sedan dan hatchback yg tertulis di STNK juga berbeda. Hatchback tertulis sebagai minibus. Padahal keduanya berasal dari basis yg sama.

“Coba lihat STNK Toyota Yaris atau Honda Jazz di situ ditulisnya apa? Di situ ditulis minibus,” ucap Jongkie.

Untuk itu, Gaikindo mendesak pemerintah agar menurunkan PPnBM sedan kecil. Hal itu mampu membuat ekspor kendaraan dari Indonesia meningkat. (rgr/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article ‘Cuma Beda Buntutnya, Pajak Sedan Lebih Mahal Daripada Hatchback’

Senin 23 November 2015 | Berita Otomotif

Munich, KompasOtomotif – Mobil fuel cell hidrogen Toyota Mirai dan Honda FCV Clarity tak lama lagi milik saingan dari Jerman bermerek Mercedes-Benz. Pengembangan model beremisi…

Selasa 5 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Banderol resmi All-New Fortuner di Indonesia memang masih ditutup rapat-rapat oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) sebelum resmi diluncurkan, 22 Januari mendatang.…

Jumat 12 Februari 2016 | Berita Otomotif

Munich -Sasis karbon fiber tidak cuma digunakan pada mobil. BMW Motorrad, divisi roda beberapa BMW pun sedang mengembangkan teknologi sasis karbon fiber buat sepeda motor. Diberitakan…