ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

‘Cuma Beda Buntutnya, Pajak Sedan Lebih Mahal Daripada Hatchback’

Rabu, Maret 30th 2016.

Jakarta -Saat ini PPnBM sedan di Indonesia masih terbilang tinggi sebesar 30 persen. Sementara PPnBM hatchback yg basisnya dari sedan lebih kecil merupakan 10 persen.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan, perbedaan sedan dengan hatchback cuma pada buntutnya. Sedan memiliki buntut berupa bagasi yg terpisah dengan kabin, sementara hatchback tak memiliki buntut.

“Kita lihat bedanya sedan hanya di bagasi doang sama hatchback. Kan aneh. Yang ada buntutnya 30 persen, yg memapak begitu 10 persen,” kata Jongkie.

Jenis kendaraan antara sedan dan hatchback yg tertulis di STNK juga berbeda. Hatchback tertulis sebagai minibus. Padahal keduanya berasal dari basis yg sama.

“Coba lihat STNK Toyota Yaris atau Honda Jazz di situ ditulisnya apa? Di situ ditulis minibus,” ucap Jongkie.

Untuk itu, Gaikindo mendesak pemerintah agar menurunkan PPnBM sedan kecil. Hal itu mampu membuat ekspor kendaraan dari Indonesia meningkat. (rgr/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article ‘Cuma Beda Buntutnya, Pajak Sedan Lebih Mahal Daripada Hatchback’

Sabtu 20 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Hyundai Mobil Indonesia (HMI) pernah tampil mengejutkan dengan mambawa hatchback “cabe rawit” Hyundai Veloster Turbo di Indonesia International Motor Show pada 2013.…

Kamis 17 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah Fino 125 Blue Core meluncur di Thailand medio September 2015 silam, kini giliran Yamaha Indonesia yg bersiap melepas ke pasar domestik.…

Sabtu 27 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Awal tahun 2016, dua produsen motor di Indonesia – termasuk Honda – berlomba launching varian motor terbaru di segmen sport. Namun, hal ini bukan pertanda…