Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

‘Cuma Beda Buntutnya, Pajak Sedan Lebih Mahal Daripada Hatchback’

Rabu, Maret 30th 2016.

Jakarta -Saat ini PPnBM sedan di Indonesia masih terbilang tinggi sebesar 30 persen. Sementara PPnBM hatchback yg basisnya dari sedan lebih kecil merupakan 10 persen.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan, perbedaan sedan dengan hatchback cuma pada buntutnya. Sedan memiliki buntut berupa bagasi yg terpisah dengan kabin, sementara hatchback tak memiliki buntut.

“Kita lihat bedanya sedan hanya di bagasi doang sama hatchback. Kan aneh. Yang ada buntutnya 30 persen, yg memapak begitu 10 persen,” kata Jongkie.

Jenis kendaraan antara sedan dan hatchback yg tertulis di STNK juga berbeda. Hatchback tertulis sebagai minibus. Padahal keduanya berasal dari basis yg sama.

“Coba lihat STNK Toyota Yaris atau Honda Jazz di situ ditulisnya apa? Di situ ditulis minibus,” ucap Jongkie.

Untuk itu, Gaikindo mendesak pemerintah agar menurunkan PPnBM sedan kecil. Hal itu mampu membuat ekspor kendaraan dari Indonesia meningkat. (rgr/lth)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article ‘Cuma Beda Buntutnya, Pajak Sedan Lebih Mahal Daripada Hatchback’

Senin 30 November 2015 | Berita Otomotif

California, KompasOtomotif – Honda Africa Twin dapat menjadi salah sesuatu model alternatif sepeda motor dengan bumbu adventure. Harganya lebih murah dibandingkan dengan para pesaing, meskipun…

Jumat 1 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Saat ini industri otomotif Indonesia masih tertinggal dengan Thailand sebagai basis produksi kendaraan bermotor. Thailand dapat mengekspor kendaraan hingga sesuatu juta unit per tahun, sedangkan…

Kamis 25 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif– Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Kawasaki di Indonesia pada tahun lalu, seandainya dibandingkan 2014, turun 24,9 persen. Sepanjang 2014…