Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Cermati, Ini Tanda-tanda Transmisi Skutik Anda Bermasalah

Minggu, Januari 17th 2016.

Jakarta -Salah sesuatu kemudahan dan kenyamanan yg ditawarkan varian skuter otomatis alias skutik ada pada transmisinya. Namun, dibalik semua kemudahan dan kenyamanan itu, terdapat sejumlah potensi masalah. Apa saja?

“Berkendara skutik orang tinggal memutar grip gas motor telah jalan, tidak perlu pindah gigi apalagi mencengkeram tuas kopling. Ini dikarenakan skutik memakai transmsi CVT (continuously variable transmission),” tutur Service Advisor Yamaha Flagship Shop Jakarta, Abdul Azis Muslim, kepada detikOto, di Jakarta, dua waktu lalu.

Prinsip kerja transmisi itu memakai belt dan gaya sentrifugal bagi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda motor. Sejumlah komponen ada di sistem transmisi tersebut, dan seandainya tidak dirawat dengan baik mulai cepat bermasalah.

Namun, persoalan juga mulai terjadi seiring dengan masa pakai yg lama sehingga komponen tersebut aus. “Jika ada salah sesuatu komponen yg menunjukan gejala bermasalah sebaiknya langsung ditangani atau diperbaiki. Jika tidak, mulai merembet ke komponen lainnya. Karena itu kenali gejalanya dan di bagian mana,” kata Azis.

Jika di skutik muncul getaran ketika putaran mesin rendah atau setelah mesin motor dinyalakan namun tak digas, itu berarti ada gejala persoalan di roller atau primary sliding sheave. Terlebih seandainya diikuti suara krok,krok, krok dsaat motor dijalankan, serta akselerasi alias laju motor berat.

Gejala kedua yg juga kadang ditemukan adalah seandainya laju motor ndutan-ndutan ketika tuas gas akan ditarik atau di putaran mesin rendah dan bersuara jedug,jeduk . Tanda-tanda itu mengindikasikan ada persoalan pada bagian mangkuk kopling.

Sementara, seandainya laju motor tiba-tiba melambat dengan sendirinya dan kecepatan tidak langsung bertambah kala tuas gas ditarik, itu berarti ada persoalan pada kanvas sentrifugal. Soalnya, kanvas sentrifugal ini berfungsi buat menekan mankuk kopling buat menyalurkan tenaga mesin ke roda.

Masalah yang lain yg juga kerap ditemui, terjadi di sliding yakni peranti yg menghubungkan belt. Gejalanya, laju motor seperti tertahan ketika putaran mesin di tingkat sedang. Namun, saat tuas gas kembali dibetot, laju normal kembali.

(arf/arf)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Cermati, Ini Tanda-tanda Transmisi Skutik Anda Bermasalah

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Punya motor dan telah berumur sekitar 3 tahun? Ada baiknya akan melakukan pengecekan pada bagian suspensinya, Otolovers. Karena besar kemungkinan, kalau telah 3 tahun, kenyamanan…

Kamis 31 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif –Indonesia telah mengukuhkan diri sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara mengalahkan Thailand, sejak beberapa tahun terakhir. Tapi, bicara basis produksi dan…

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bandung -Mengawali tahun 2016, dua produsen otomotif baik motor maupun mobil menaikkan harga jual. Salah satunya Yamaha yg berencana mulai menaikkan harga motornya. Asisten General Manager…