ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

”Central Lock” Dibuka Orang Lain, Bisa Jadi Kerabat Dekat!

Selasa, Februari 9th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Cerita kunci mobil (central lock) terbuka sendiri di lampu merah, dulu diikuti aksi kejahatan, cukup bikin khawatir banyak orang. Namun sebenarnya, hal tersebut tidak serta-merta karena maling dapat mengakses sistem yg membuka central lock, dapat jadi karena kemungkinan lain.

Iwan Abdurahman dari Technical Service Department PT Toyota Astra Motor telah menceritakan bahwa kemungkinan central lock diakses oleh orang yg tidak milik kunci sangatlah kecil. Hal tersebut berkaitan dengan teknologi rolling code yg senantiasa berubah setiap kali dioperasikan.

[Baca: Hati-hati “Central Lock” Bisa Dibuka Maling]

Iwan justru mencurigai hal lain. Pencurian atau perampokan yg membuka pintu mobil ketika berhenti bukan karena maling dapat membuka central lock, tapi pakai modus lain. Dari perkara yg dialami DR seperti yg KompasOtomotif bahas dalam artikel sebelumnya, pintu yg terbuka cuma di bagian kiri.

”Kalau memang pakai frekuensi dan mengacak rolling code, yg terbuka (kuncinya) hanya pintu depan kiri? Harusnya seluruh pintu kuncinya terbuka (pengait kunci). Apa ini modus koin? Yang diganjal di gagang pintu? Jadi bukan dadakan, tetapi memang diincar sejak awal,” ucap Iwan.

Kemungkinan lain, sebut Iwan, ada orang dekat yg mengambil kunci buat dipakai membuka atau digandakan. Kendati demikian, di bengkel resmi, menurut Iwan, tak mudah buat tidak mengurangi kunci (yang dilengkapi remote control pembuka).

”Pasti mulai diminta surat pernyataan dari pemilik yg tertera di STNK bagi proses pembuatan kunci tambahan. Lalu teken di atas materai, copy KTP, dan banyak syarat yang lain bagi memastikan keamanan,” kata Iwan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article ”Central Lock” Dibuka Orang Lain, Bisa Jadi Kerabat Dekat!

Kamis 24 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Memakai helm full-face terkadang menyulitkan, apalagi untuk yg berambut panjang. Kini telah ada produk helm macam baru yg praktis cara gunanya. Produsen helm…

Senin 11 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Beragam macam dan model dihadirkan oleh merek kendaraan roda empat yg tampil di pameran Indonesia Internationa Motor Show (IIMS) 2016. Ini sesuai…

Rabu 23 Desember 2015 | Berita Otomotif

Tokyo -Suzuki kabarnya sedang menyiapkan Hayabusa 1400 terbaru yg telah dilengkapi supercharger. Motor itu disebut-sebut akan diproduksi pada 2016 mendatang. Seperti dilansir Morebikes, Rabu (23/12/2015), majalah…