ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Cek ‘POWDER’ Sebelum Mengendarai Mobil

Senin, November 30th 2015.

Jakarta -Kondisi kendaraan memang cuma sedikit mempengaruhi keselamatan Anda selama perjalanan. Namun, bukan berarti kami mampu mengabaikan keadaan kendaraan juga.

“Kendaraan porsinya sedikit. Tapi penting,” kata Adriyanto Wiyono dari Indonesia Defensive Driving Center di acara coaching clinic bertajuk Amazing Rush yg diadakan detikOto bersama Toyota, di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (29/11/2015) kemarin.

Pria yg akrab disapa Riyan itu memberikan tips bagi mengecek keadaan kendaraan sebelum Anda akan mengendarainya. Jika kendaraan mengalami masalah, Anda disarankan agar segera membawanya ke bengkel atau membenahi sendiri kalau mampu.

“Sebelum memasuki mobil, Bapak/Ibu kelilingi lalu kendaraannya sesuatu kali. Cek ada tetesan oli atau tidak, atau ada satu yg penyok dan yang lain sebagainya. Itu bagi memastikan bahwa mobil ini bersiap dikendarai,” ucap Riyan.

Anda disarankan agar mengecek keadaan luar kendaraan seperti bodi, roda dan ban. Selain itu, ruang mesin dan keadaan di dalam kendaraan juga disarankan bagi dicek.

“Cara gampang bagi mengingat pemeriksaan kendaraan, gunakan istilah POWDER. POWDER itu ada kepanjangannya merupakan petrol, oil, water, damage, electric, rubber,” kata Riyan

1. Petrol: Pastikan bahwa bahan bakar cukup.
2. Oil: Pastikan bahwa minyak apapun yg ada di mobil cukup atau tidak.
3. Water: Cek keadaan air wiper dan air pendingin (radiator).
4. Damage: Periksa apakah ada kerusakan atau tidak. “Kalau suami sama istri, mobilnya gantian pakai, kalau ada penyok kan enggak ketahuan,” kata Riyan.
5. Electric: Periksa komponen kelistrikan seperti lampu sein, lampu penting dan sebagainya.
6. Rubber: Cek komponen mobil yg terbuat dari karet seperti ban dan wiper.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Cek ‘POWDER’ Sebelum Mengendarai Mobil

Kamis 18 Februari 2016 | Berita Otomotif

Tangerang, KompasOtomotif – Trac-Astra Rent a Car mengembangkan layanan servis, sekaligus memperluas segmen retail dengan menjakin kerja sama bersama, Angkasa Pura Solusi. Nantinya, outlet Trac-Rental…

Selasa 19 Januari 2016 | Berita Otomotif

Genesis memang dapat dibilang baru di kancah otomotif dunia. namun anak perusahaan dari Hyundai ini telah menggebrak publik dengan produksi pertamanya, G90. Bagaimana tidak, Genesis…

Jumat 30 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Yokohama -Datsun berniat mengembangkan pasarnya di Asia Tenggara. Global Head of Datsun Vincent Cobee menyampaikan mulai menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Datsun GO dan GO+ bagi…