Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Cegah Mengemudi Sambil Mabuk, Honda Buat Detektor Alkohol Portable

Jumat, Maret 25th 2016.

Tokyo -Seringkali kalian melihat perkara kecelakaan yg disebabkan oleh pengemudi yg mabuk. Nah, bagi mengantisipasi hal demikian, Honda Motor Co. Ltd mengembangkan prototipe detektor alkohol yg mampu melihat level alkohol pengemudi dari hembusan nafas.

Dilansir dari laman resmi Honda, Jumat (25/3/2016), alat tersebut yaitu proyek kerjasama antara Honda dengan Hitachi. Tujuannya buat mencegah maupun menghentikan pengemudi mobil yg mabuk sebagai wujud keselamatan berkendara.

Detektor alkohol tersebut bisa dibawa kemana saja atau portable dan berbentuk seperti handphone. Selain itu, detektor buatan Honda dan Hitachi juga dilengkapi sensor yg mampu mendeteksi dan mengukur kadar alkohol penggunanya. Dalam waktu tiga detik saja, kadar alkohol telah mampu terdeteksi.

Hasil pada detektor portable tersebut mulai terekam dan masuk ke dalam sistem mesin mobil. Jika terdeteksi kadar alkohol melampaui batas, maka indikator mulai memberi peringatan pada layar panel mobil. Alat detektor ini mulai dipresentasikan pada acara SAE World Congress yg berlangsung akan 12 hingga 14 April 2016 di Detroit, Amerika Serikat.

Alat detektor alkohol sendiri sudah banyak digunakan di dua negara. Seperti di Jepang, bagi melihat kadar alkohol pengemudi dikerjakan oleh operator transportasi dengan memakai alcohol detector. Alat itu digunakan buat pengemudi profesional sebelum mereka melakukan pekerjaan.

Badan Keselamatan Berlalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) juga melakukan hal serupa. Mereka sudah launching teknologi interlock yg bisa menghubungkan detektor alkohol pada mesin kendaraan.

(nkn/nkn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Cegah Mengemudi Sambil Mabuk, Honda Buat Detektor Alkohol Portable

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

London -Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tercepat keluaran Land Rover, Range Rover Sport RVR dilaporkan mulai memiliki mesin yg lebih dahsyat lagi. Saat ini, Range Rover…

Minggu 17 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif — Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mulai melakukan touring dari Jakarta hingga Sabang, Pulau Weh, Aceh. Kegiatan bertajuk “Jejak Roda Petualang” itu bersiap dimulai…

Senin 11 Januari 2016 | Berita Otomotif

Washington -Mercedes-Benz menarik 28.452 unit sedan Mercedes-Benz C-Class karena sistem power steering mobil itu ditengarai bermasalah. Perangkat lunak pengontrol electric power steering itu tidak akurat sehingga…