ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Cara Cek Kondisi “Shockbreaker” Motor

Kamis, Desember 17th 2015.

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Saat sistem peredam kejut sepeda motor rusak atau biasa disebut “mati” memang mengganggu.

Masalahnya bukan cuma mengubah performa kendaraan tetapi juga memengaruhi kesehatan biker, misalnya terganggu karena pinggang sakit atau badan cepat pegal ketika berkendara.

Nah, biar tak berkelanjutan maka itu jangan terlalu lama memakai shockbreaker mati. Lantas bagaimana caranya tahu telah rusak?

Nanang dari bengkel Gandhi Racing di Pamulang, Tangerang Selatan, berbagi tips ala bengkel untuk mengecek keadaan shockbreaker. Ia menyampaikan mencoba shockbreaker ditekan ke bawah, bila cepat kembali merenggang itu tandanya telah rusak.

Cara itu dapat jadi sulit dikerjakan sebab shockbreaker harus dicopot lebih dulu. Nah selain itu Nanang juga bilang ada cara lain, merupakan dirasakan ketika sepeda motor dibawa melewati lobang atau polisi tidur. Jika ayunannya membal berkali-kali apalagi hingga ban mentok sepatbor berarti telah harus diperiksa.

“Coba dilihat apakah bagian as-nya ada baretan halus. Itu artinya sil sobek atau bocor. Biasanya oli rembes dari situ, jadi daya pegasnya hilang,” kata Nanang, Rabu (16/12/2015).

Kecurigaan penting sil bocor karena tidak jarang shockbreaker tidak jarang kotor. Kotoran yg menempel erat pada as merusak sil karena aktivitas naik-turun. Kalau telah begini harus direparasi atau diganti.

“Tapi mendingan segera diganti karena kalau diperbaiki umurnya paling lama beberapa bulan. Biar ga cepat rusak, ketika kotor habis Hujan iseng-iseng saja segera dilap. Intinya motor rajin mandi,” ujar Nanang.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Cara Cek Kondisi “Shockbreaker” Motor

Sabtu 5 Maret 2016 | Berita Otomotif

Spanyol, KompasOtomotif – Sam Lowes yg menjadi pebalap Federal Oil Gresini Moto2 akan musim 2016, menunjukan tajinya ketika sesi latihan bebas di Sirkuit Jerez de…

Jumat 13 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Honda sudah mengonfirmasi mulai memperkenalkan Civic versi coupe di Los Angeles Auto Show yg dimulai minggu depan. Versi coupe ini dikembangkan dari Civic kompak generasi…

Kamis 29 Oktober 2015 | Berita Otomotif

Jakarta – Mempunyai mobil memang menjadi harapan untuk masyarakat. Tetapi, belum tentu daya beli masyarakat segala sama. Bahkan bagi dua mobil tertentu dibutuhkan uang yg…