ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Canggih, Peneliti Di China Kembangkan Mobil Yang Dikontrol Otak

Minggu, Desember 13th 2015.

Tianjin -Mobil yg dikendalikan oleh pikiran pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di China. Peneliti China sudah mengembangkan mobil pertama di negara itu yg cuma memakai kekuatan otak bagi mengemudi.

Seperti detikOto kutip dari Reuters, Sabtu (13/12/2015), peneliti dari Universitas Nankai sudah menghabiskan beberapa tahun buat mewujudkan kendaraan yg dikendalikan dengan pikiran.

Dengan memakai perangkat pembaca sinyal otak, sang sopir dapat mengendalikan mobil bagi maju, mundur berhenti, mengunci dan membuka kendaraan tanpa menggerakkan tangan atau kaki.

Zhang Zhao sebagai peneliti mengatakan, peralatan yg dibutuhkan terdiri dari 16 sensor yg menangkap sinyal EEG (electroencephalogram) dari otak sopir. Mereka mengembangkan sebuah program komputer yg memilih sinyal yg relevan dan menerjemahkannya sehingga memungkinkan bagi mengendalikan mobil.

“Tester sinyal EEG diambil oleh alat ini (pembaca sinyal otak) dan ditransmisikan secara nirkabel ke komputer. Komputer memproses sinyal buat mengkategorikan dan membenarkan niat seseorang, kemudian diterjemahkan ke dalam perintah kontrol ke mobil. Inti dari segala proses ini adalah buat memproses sinyal EEG yg diterjemahkan pada komputer,” jelas Zhang.

Para peneliti mengatakan, ide awal adalah mereka terinspirasi bagi menolong penyandang disabel yg secara fisik tak mampu mengontrol mobil.

“Ada beberapa titik awal dari proyek ini. Yang pertama adalah buat menyediakan metode mengemudi tanpa memakai tangan atau kaki bagi penyandang disabel yg tak dapat bergerak bebas, dan kedua, buat memberikan orang sehat dengan mode mengemudi baru dan lebih cerdas,” sebut Zhang.

Pengembangan teknologi ini bekerja sama dengan produsen mobil China, Great Wall Motor. Namun, bagi ketika ini teknologi ini baru dapat memungkinkan kendaraan melaju lurus. Peneliti juga belum ada rencana buat memproduksi massal.

Associate Professor Duan Feng dari College of Computer and Control Engineering Universitas Nankai yg memimpin proyek ini. Dia menekankan, teknologi ini ditujukan bagi lebih baik melayani manusia. Menurutnya, teknologi ini mungkin dapat saja digabungkan dengan teknologi mobil otonom.

Foto: REUTERS/KIM KYUNG
Foto: REUTERS/KIM KYUNG
Foto: REUTERS/KIM KYUNG

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Canggih, Peneliti Di China Kembangkan Mobil Yang Dikontrol Otak

Senin 7 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bangkok, KompasOtomotif – Thailand bakal menjadi negara pertama di Asia yg mendapatkan kesempatan menjual Honda All New Civic. Terbukti, Civic generasi kesepuluh ini mulai diluncurkan…

Selasa 26 Januari 2016 | Berita Otomotif

Nusa Dua -Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak cuma kedatangan tamu spesial yakni pebalap MotoGP Valentino Rossi. Hadir di Bali, Rossi bertugas membuka selubung motor versi…

Selasa 5 April 2016 | Berita Otomotif

Bangkok -Freestyler yang berasal Indonesia Wawan Tembong berhasil mengharumkan Indonesia dengan menjuarai Motor Show Motor Stunt Grand Prix 2016.  Wawan memakai YZF-R3, motor sport produksi Yamaha…