Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Bulan Depan Institut Otomotif Indonesia Resmi Berdiri

Jumat, April 29th 2016.

Cibitung, KompasOtomotif – Cita-cita Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yg menginginkan ada “Indonesia Automotive Institute” (IAI) akhirtnya tercapai. Rencananya, pada 20 Mei 2016, Institut Otomotif Indonesia itu mulai diresmikan.

“Kita mulai resmikan Institut Otomotif Indonesia itu di Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI), Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada 20 Mei,” kata I Made Dana Tangkas, Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo, di acara Focus Group Discussion (FGD) di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/4/2016).

Pria yg juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Industri Logam, Manufaktur, Alat Transportasi, dan Elektronik Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), menjelaskan, institute tersebut sifatnya organisasi dan di dalamnya pakar-pakar otomotif yg telah tak bekerja lagi di merek mobil.

Sebab, fungsinya bagi mengembangkan kebijakan industri otomotif, memberikan masukan kepada industri, serta memberikan edukasi serta pelatihan otomotif.

“Bisa sekaligus membentuk Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sertifikasi terhadap kompetensi otomotif dari berbagai perusahaan di Indonesia. Paling utama adalah ikut mengembangkan teknologi, technical center terhadap kegiatan otomotif di Indonesia,” ujar Made.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Toyota investasi triliunan rupiah bagi produksi Fortuner dan Innova.

Dukungan Pemerintah

Made, yg juga menjabat sebagai Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), melanjutkan, pemerintah juga harus mendukung. Sebab, langkah ini mampu mendorong mengembangkan industri otomotif nasional.

“Semuanya diharapkan saling bersinergi. Karena institute tersebut yaitu lembaga independen yg mulai didukung pemerintah. Kalau di negara yang lain juga sama mendapat dukungan pemerintah. Kita pun berharap seperti itu,” ujar Made.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Bulan Depan Institut Otomotif Indonesia Resmi Berdiri

Sabtu 28 November 2015 | Berita Otomotif

Tak dipungkiri bahwa di Indonesia budaya membeli mobil bekas masih banyak digemari. Berbagai alasan pun seakan tidak terbantahkan buat mereka yg doyan beli mobil -mobil…

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan di jalan raya. Regulasi yg…

Minggu 20 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah terkatung-katung tanpa kejelasan cukup lama, perlahan demi perlahan proyek mobil bermerek nasional Esemka akan mencapai titik terang. Menurut sumber KompasOtomotif, mobnas…