ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Bukti Baru Pembiaran VW Soal “Dieselgate”

Minggu, Februari 21st 2016.

Frankfurt, KompasOtomotif – Kasus Volkswagen atas pelanggaran uji emisi di Amerika Serikat (AS) mampu lebih besar dari sekarang. Menurut laporan majalah Jerman, Bild am Sonntag, dari informasi pada memo internal dan surat elektronik perusahaan menunjukan para eksekutif tahu soal aksi ilegal itu sebelum akhirnya resmi mengakui pada September 2015.

Volkswagen pernah dikonfrontasi pada barang bukti bahwa mobil bermesin diesel mereka menghasilkan emisi di atas ambang regulasi yg berlaku pada awal 2014. Namun setelah itu Volkswagen diduga melakukan strategi penundaan sekaligus membuat bingung regulator.

The New York Times yg ikut mempelajari memo internal dan surat elektronik itu menjelaskan minggu lalu, salah sesuatu eksekutif yg mengetahui pada 2014 adalah Martin Winterkorn yg berperan sebagai CEO pada ketika itu.

Menurut dokumen, Winterkorn pernah mendapatkan surat dari orang kepercayaannya pada Mei 2014 yg berisi peringatan regulator dapat saja menuntut atas perangkat lunak khusus yg disematkan pada mesin diesel. Emisi mesin diesel Volkswagen sebenarnya melebihi aturan, perangkat lunak itu yg bertugas mengecoh data ketika pengetesan.

Winterkorn langsung mengundurkan diri setelah Volkswagen mengakui kecurangannya. Kala itu Winterkorn menyampaikan tak mengetahui apapun soal perangkat lunak khusus pada mesin diesel. Tapi mampu jadi bukti-bukti ini mengungkap fakta lain.

Volkswagen dipastikan dihukum lebih berat seandainya benar terbukti eksekutif menyembunyikan kebenaran dari publik. Kasus diesel Volkswagen tak cuma melibatkan AS, tetapi juga kendaraan di semua dunia. Total mobil yg terlibat mencapai 11 juta unit.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Bukti Baru Pembiaran VW Soal “Dieselgate”

Minggu 1 November 2015 | Berita Otomotif

Tokyo, KompasOtomotif – Kehadiran mobil kecil (kei car) di kota besar seperti di Tokyo, Jepang, sangat dibutuhkan konsumen. Pasalnya, dengan lalu-lintas yg telah padat dan…

Kamis 14 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada 2017 dipelajari lagi secara matang. Kabarnya, ketika ini pemerintah…

Minggu 20 Maret 2016 | Berita Otomotif

Solo, KompasOtomotif – Pabrik Esemka yg mulai memproduksi mobil bermerek nasional (mobnas) sedang dalam tahap pembangunan. Meski ketika ini rangka baja baru akan dipasang, tetapi…