ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Budaya Langgar Batas Kecepatan Menjamur Di Jalan Tol

Senin, Desember 14th 2015.

Majalengka, KompasOtomotif – Apakah Anda tahu batas kecepatan minimal kendaraan di jalan tol 60 kpj dan tertinggi 100 kpj?

Aturan itu jelas tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tetapi aplikasi di lapangan tak terus demikian.

Bukti konkret terjadinya pelanggaran didapat dari hasil survei yg dikerjakan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sebagai pengelola jalan tol terpanjang di Indonesia, Cikopo-Palimanan (Cipali). Dibantu Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) dengan speed gun, pemeriksaan laju kendaraan dikerjakan pada Senin (14/12/2015).

Menurut Wakil Direktur Utama LMS Hudaya Arryanto, 35 persen dari kendaraan golongan I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus) yg melintas melebihi kecepatan 100 kpj. Kecepatan rata-rata yg terekam di lokasi 105 kpj.

Pelanggaran bukan cuma itu, dijelaskan juga 75 persen kendaraan Golongan III hingga V (Truk dengan beberapa sampai lima gandar) yg melintas dikendarai di bawah batas kecepatan paling pelan 60 kpj.  Rata-rata kecepatan kendaraan macam itu 55 kpj.

“Hal ini berbahaya, karena berpotensi terjadinya kecelakaan dan tabrak belakang, apalagi seandainya pengemudi kurang antisipasi akibat keadaan fisik yg sudah mencapai titik lelah,” ujar Hudaya dalam informasi resminya, Senin (14/12/2015).

Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Sugihardi, mengatakan, menurut evaluasi dari berbagai kecelakaan pada tol Cipali, penegakan hukum atas batas kecepatan harus dikerjakan agar mengurangi kecelakaan. Speed gun jadi alat penting pendeteksi, setelah itu petugas mulai menentukan tindakan lanjutan.

LMS menjelaskan sudah tidak mengurangi rambu-rambu peringatan zona penindakan batas kecepatan buat menemani rambu batas kecepatan dan spanduk peringatan keselamatan berkendara yg sudah terpasang sebelumnya. Langkah ini buat mengingatkan pengemudi aturan yg berlaku serta meningkatkan keselamatan berkendara.

Kesimpulan dari hasil survei, masih banyak pengemudi yg tak memerdulikan kecepatan di jalan tol. Hasil data yg dikumpulkan LMS cuma meliputi batas kecepatan saja tetapi sebenarnya ada hal yg lebih utama yakni pengetahuan pengemudi soal aturan baku.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Budaya Langgar Batas Kecepatan Menjamur Di Jalan Tol

Senin 28 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bangkok – Salah sesuatu pameran otomotif kelas dunia, Bangkok Motor Show tengah digelar di Impact Muang Thong Thani, Thailand sampai 3 April mendatang. Pameran menampilkan…

Kamis 4 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – MPV 7-penumpang yg pernah diproduksi di Indonesia, Chevrolet Spin, kini tampil di pameran otomotif India, Auto Expo 2016. Kehadirannya di India…

Selasa 19 April 2016 | Berita Otomotif

Jerez, KompasOtomotif — Tidak sulit untuk Ducati membujuk Jorge Lorenzo keluar dari Yamaha, tim yg ia bela selama delapan tahun dan meraih tiga kali juara dunia…