Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Bos Ducati Angkat Suara Soal MotoGP Indonesia

Selasa, Februari 23rd 2016.

CHIANG RAI, KOMPAS.com – Perhelatan MotoGP di Indonesia belum mampu dipastikan kehadirannya di Indonesia pada 2017. Faktor biaya menjadi salah sesuatu kendala, bos Ducati Asia pun memberikan kritiknya pada pemerintah Indonesia

“Jika pemerintah memikirkan biaya, mereka seharusnya berpikir lebih jauh dari itu,” kata Marketing Director Ducati Asia David James saat berbincang dengan KompasOtomotif, di Thailand, dua waktu lalu.

David kemudian memaparkan dua alasan mengapa pemerintah harus berpikir lebih jauh dari faktor pembiayaan. Ia menyebut efek domino seandainya Indonesia dapat menggelar event MotoGP.

“Perekonomian mulai meningkat, mulai ada banyak sponsor masuk, investor masuk. Lalu wilayah di dekat sirkuit juga mulai semakin meningkat perekonomiannya, mulai ada banyak fasilitas seperti hotel dan penginapan, dulu fasilitas terkait kegiatan balap di dekat area sirkuit, ini berdampak besar nanti,” kata David.

Tak cukup sampai di situ, David juga menilai dengan adanya event MotoGP di Indonesia maka mulai ada banyak pengembangan balap di tanah air. Ia pun menyebut potensi pebalap Indonesia mulai semakin terasah seandainya melihat segera balap MotoGP.

“Nanti mulai ada banyak race team, mulai sangat berbeda melihat segera balap MotoGP dengan menonton di televisi,” ujar David yg juga mantan pebalap superbike ini.

Jangan Ragu

Lebih jauh, David menyarankan pemerintah tak ragu menggelar event MotoGP dengan pertimbangan tersebut. Terkait sirkuit mana yg mulai dijadikan, David menyerahkan hal itu ke pemerintah.

Sebelumnya, Puan Maharani selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yg yaitu induk dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, menyarankan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2017 hingga 2019 ditunda saja.

Selain itu, Indonesia juga masih kekurangan biaya promosi bagi penyelenggaraan MotoGP 2017. Ada beberapa lokasi yg dianggap layak bagi dikembangkan buat ajang MotoGP, Sirkuit Sentul di Jawa Barat dan Sirkuit Jakabaring di Sumatera Selatan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih mencari tambahan biaya promosi buat MotoGP 2017 sebesar 23,4 juta euro (sekitar Rp 355,2 miliar).

Ada beberapa pilihan bagi mencari tambahan dana tersebut. Pertama memakai dana APBN, tetapi belum jelas siapa yg mulai bertanggung jawab. Kedua, nama event dikomersilkan dengan menghilangkan nama Sentul karena mulai disesuaikan dengan pihak yg menang bidding.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Sirkuit Sentul bagi MotoGP

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Bos Ducati Angkat Suara Soal MotoGP Indonesia

Jumat 8 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Suzuki secara eksklusif mengembangkan Ertiga Dreza khusus buat pasar Indonesia. Kasta tertinggi dari Ertiga ini dianggap belum cocok bagi pasar negara lain. Padahal, dua negara…

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

Solo, KompasOtomotif — Kesiapan produksi mobil bermerek nasional Esemka langsung memasuki tahap realisasi. Saat pabrik selesai pada pertengahan tahun nanti, produksi langsung berjalan. Bicara mengenai unit…

Jumat 5 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jika dalam keadaan seperti ini, mungkin satu-satunya cara adalah dengan memanggil truk derek. Ya, Fiat Brava ini sedang terkatung-katung di tengah kubangan air yg mengarah…