Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

“Bodoh Bila Honda Dan Yamaha Lakukan Kartel”

Selasa, Mei 3rd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Dugaan kartel Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali mengudara lewat pernyataan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Muhammad Syarkawi Rauf, ke hadapan wartawan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (2/5/2016).

Penyelidikan KPPU sebenarnya telah dimulai sejak 2013. Namun, Syarkawi mengungkap masalah yg tergolong inisiatif ini langsung disidangkan, kemungkinannya tahun ini juga. Bila terbukti maka kedua produsen tersebut dipastikan kena sanksi denda.

Pihak Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yg jadi tempat bernaung AHM dan YIMM tegas menyatakan tak pernah ada kesepakatan antara keduanya bagi pengaturan harga produk roda dua.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata memaparkan, dugaan kartel tak sesuai dengan kenyataan pasar. Jika terjadi konsolidasi seharusnya menguntungkan kedua belah pihak. Padahal, dipantau data penjualan nasional, AHM mendominasi sekitar 70 persen dan YIMM sekitar 23 persen.

“Itu menunjukan kenyataan di pasar demikian. Mereka bertarung merebut pasar dengan harga yg sesuai kemudian dengan layanan yg khusus hingga menyebabkan masyarakat mampu memilih,” ujar Gunadi kepada KompasOtomotif, Selasa (3/5/2016).

Penyusutan hasil produsen lain, misalnya Suzuki yg mencapai 22 persen, kata Gunadi, dikarenakan tak kuat bersaing. Hal ini dinilai berdasarkan faktor persaingan produk dan hasil fakta di lapangan.

“Itu jelas terlihat sekali. Mana mau sih Suzuki kalah pasar. Tidak pernah ada kartel, pasarnya telah demikian,” ucap Gunadi lagi.

Gunadi tegas menentang tuduhan KPPU, namun menyadari kemungkinan kartel terjadi di bawah radar AISI. Ia tetap percaya tak pernah terjadi usaha seperti itu dari AHM dan YIMM.

“Engga mungkin, kalau jelas di bawah tangan, perusahaan itu bodoh kalau begitu,” kata Gunadi.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article “Bodoh Bila Honda Dan Yamaha Lakukan Kartel”

Rabu 24 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Menguras tangki bahan bakar mobil tak masuk dalam servis berkala kendaraan di bengkel resmi Toyota. Maka itu sebenarnya tak ada aturan baku…

Selasa 5 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Hingga akhir Maret 2016, Honda sudah mencatat penjualan sebesar 58.379 unit di segala Indonesia. Dua model SUV Honda masih menjadi kontributor terbesar dalam…

Selasa 9 Februari 2016 | Berita Otomotif

Iwata -Yamaha Motor menghidupkan kembali motor trail bergaya scrambler yg kondang di era 1970 hingga 1990, DT 400. Bahkan, motor itu disebut-sebut menjadi bagian dari 10…