Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

BMW Berambisi Ciptakan ‘Mobil Paling Pintar’

Senin, Maret 7th 2016.

Jenewa – Raksasa otomotif Jerman, BMW, berambisi menciptakan ‘the most intelligent car‘ atau ‘mobil paling pintar’ bagi bersaing dengan Apple, Google, dan perusahaan teknologi yang lain yg bermarkas di Silicon Valley.

Hal tersebut diungkapkan segera oleh Klaus Froehlich, kepala riset dan pengembangan BMW, dalam wawancara dengan Reuters di sela-sela gelaran Geneva International Motor Show 2016 di Jenewa, Swiss, akhir minggu lalu.

Di kesempatan ini Froehlich mengungkapkan bahwa BMW tengah menyiapkan evolusi berikutnya dari bisnis otomotif dan memastikan tidak mulai kalah dalam persaingan. Ia memakai analogi dari industri smartphone, di mana banyak perusahaan yg cuma menjadi bagian dari rantai suplay buat produsen handset yg menguntungkan seperti Apple.

Froehlich menyampaikan seandainya BMW ingin mempertahankan model bisnis tanpa menyerahkannya pada ‘internet player‘. Jika tidak, maka mereka cuma mulai berakhir seperti Foxconn yg selama ini cuma mengerjakan bodi metal buat perusahaan besar termasuk Apple.

BMW memang tidak ingin cuma menjadi suplayer bagi perusahaan teknologi seperti Apple dan Google. Dan ini bukan kali pertama mereka mengungkapnya.

Meski demikian, bagi dapat mengaplikasikan teknologi seperti self-driving systems, BMW sepertinya masih membutuhkan bantuan dari perusahaan yang lain seperti Apple dan Google yg memang lebih familiar dengan software.

Untuk mampu produksi mandiri, BMW pun berencana membentuk tim riset dan pengembangan (R&D) dengan sebagian anggotanya yaitu programer komputer dalam lima tahun ke depan.

Sedangkan buat ketika ini, cuma sekitar 20% dari 30.000 tim R&D yg bekerja di software. Namun, dikatakan seandainya BMW tak mulai bisa merekrut segala pegawai, sehingga mulai bekerjasama dengan perusahaan lain.

Tampaknya mulai cukup menarik buat melihat BMW harus bersaing dengan perusahaan teknologi sekelas Apple dan Google bagi mobil pintar buatannya. Mungkinkah raksasa otomotif yang lain mulai mengikuti jejak BMW? Kita nantikan saja kelanjutannya bersama. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Mobil Terbaru

Related Article BMW Berambisi Ciptakan ‘Mobil Paling Pintar’

Selasa 19 April 2016 | Berita Otomotif

Tak pernah ada pabrikan mobil yg ingin memproduksi mobil jelek, terlebih lagi perusahaan besar yg milik kredibilitas dalam memproduksi mobil yg berkualitas. Namun tidak disangka,…

Rabu 13 Januari 2016 | Berita Otomotif

Kemungkinan Apple bagi memasuki industri otomotif tampaknya semakin dekat dengan kenyataan. Berdasarkan laporan dari Auto Guide (9/1), Apple sudah mendaftarkan trio nama domain yg mulai…

Rabu 10 Februari 2016 | Berita Otomotif

Makassar -Saat ini produsen mobil telah akan ramai memasarkan mobil hidrogen. Ternyata dari wilayah timur Indonesia, mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia…