ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Biar Tidak Capek, Ini Cara Mendongkrak Yang Tepat

Senin, Februari 1st 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Mendongkrak mobil bagi mengecek keadaan kaki-kaki atau dalam kondisi darurat ketika berkendara adalah pekerjaan melelahkan. Salah sesuatu poin terpenting yg perlu diketahui agar proses berjalan lancar tanpa membuang tenaga percuma merupakan menentukan posisi tumpuan dongkrak yg tepat.

Pada mobil produksi massal, titik tumpuan telah ditentukan dari pabrik. Bentuknya dapat lekukan atau lubang yg jadi pegangan kepala dongkrak. Desainnya telah dicocokan dengan bentuk kepala dongkrak bawaan mobil jadi pengoperasiannya lebih mudah.

Teknisi Nissan dan Datsun Matheus Prima, Kamis (28/1/2016), mengatakan, hal mendasar yg membedakan posisi titik tumpuan dongkrak merupakan macam struktur mobil, monokok (unibody) atau body-on-frame (sasis).

Febri Ardani Pada Datsun GO dengan tipe bodi monokok tumpuan dongkrak di belakang tersedia pada bagian yg menonjol seperti pada gambar. Bahan bagian itu terbuat dari karet dan telah didesain bagi kepala dongkrak bawaan mobil.

Pada model sedan, mobil kota, MPV, dan crossover, kebanyakan memakai bodi monokok. Artinya bodi dirancang menempel dengan sasis. Maka itu titik penyokong buat menjungkit mobil dapat dikerjakan di pelat bodi bagian bawah dekat pintu. Umumnya lokasi tumpuan itu tak dicat jadi gampang dibedakan dengan bagian bodi lain.

Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

Sedangkan pada tipe sasis biasanya ditemui pada mobil macam SUV, pikap, dan truk. Sama seperti monokok, titik mengumpil mobil yg pas telah ditentukan. Untuk bagian depan, di bagian cross member (bagian rangka penopang mesin) sedangkan di belakang pada rumah axle.

Febri Ardani Posisi dongkrak pada pikap Nissan NP 300 Navara di bagian “crossmember” (rangka penopang mesin).

Hal yang lain yg perlu diketahui, fungsi dongkrak sebagai penjungkit bukan penopang mobil, bila ingin ditinggal lama gunakan jackstand mengganti dongkrak. Selain itu gunakan sesuatu dongkrak bagi mengangkat sesuatu ban. Keterangan lebih detail soal pendongkrakan sesuai dengan model mobil dapat dilihat di buku panduan.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Biar Tidak Capek, Ini Cara Mendongkrak Yang Tepat

Selasa 15 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Mengganti wiper adalah salah sesuatu perawatan mobil yg sangat gampang dikerjakan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Akan tapi kebanyakan pemilik mobil kadang mengabaikannya padahal telah…

Sabtu 26 Maret 2016 | Berita Otomotif

Manado, KompasOtomotif – Produk bahan bakar baru dari macam solar, Dexlite (sebutan produk ini pada pemberitaan sebelumnya Solarlite), mulai diluncurkan PT Pertamina (Persero) pada April…

Rabu 23 Desember 2015 | Berita Otomotif

Malang, KompasOtomotif – General Motors (GM) Indonesia mendonasikan Chevrolet Spin dan Aveo buat empat universitas terpilih, sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate…