ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Bertandang Ke Kafe Bikers Bersejarah Di London

Rabu, Oktober 28th 2015.

London -Ace Café menjadi tempat favorit buat berkumpul buat bikers di London, Inggris. Sejarah tempat ini penuh dengan kreatifitas dan kekerasan.

Kafe ini terletak di pinggir jalan lingkar luar utara kota London, tepatnya daerah Stonebridge. Sebuah bangunan sederhana berbentuk persegi panjang berdiri di atas lahan sekitar setengah hektar.

Lahan parkir Ace Café sangat luas dan mampu menampung ratusan sepeda motor. Namun saat detik bertandang pada Selasa (16/10/2015) dahulu cuma dua pesepeda motor saja yg keluar masuk kafe.

Dulu, kafe yg dibangun pada tahun 1938 ini nyaris ramai setiap hari. Apalagi setelah renovasi pada 1949 setelah perang dunia kedua. Perkembangan kota London merembet ke daerah Stone Bridge.

Setiap kendaraan bermotor yg melintas terus menyempatkan diri mampir ke Ace Café. Apalagi mereka buka selama 24 jam.

Anak-anak muda yg memakai sepeda motor-pun ikut berkumpul. Mereka dikenal dengan sebutan ‘The Ton Up Boys’. Kumpulan ini cukup cerdik mengotak-atik mesin sepeda motor di tengah meningkatnya industri otomotif di Britania Raya.

Pada tahun 1959 seorang pendeta Inggris, Bill Shergold menjadi salah sesuatu inisiator bagi melakukan perkumpulan rutin di kafe ini. Kelompoknya terkenal dengan nama ‘The 9’.

Melampaui tahun 1960-an, tren generasi muda beralih. Bikers di Ace Café sedang gandrung dengan music rock. Mereka berdandan ala pemusik rock dan disebut sebagai ‘the rockers’.

Namun tahun 1964 sejarah kekerasan mewarnai perjalanan mereka. Rocker tidak jarang berselisih dengan anak-anak muda yg gandrung dengan musik pop atau disebut sebagai the mods. Ciri-ciri mereka adalah menggunakan sweater, berkacamata, dan naik skuter.

Keributan antara rockers dan mods memang menjadi pokok bahasan media ketika itu. Tawuran terjadi hampir di semua kota di Inggris. Kliping koran kekerasan 1964 terpampang rapi di dalam kafe.

Namun kini cerita itu cuma menjadi sepenggal cerita masa dulu saja. Ace Café kini menyajikan kenyamanan. Kursi dan meja pengunjung tertata rapi di depan meja bartender.

Beberapa sepeda motor hasil modifikasi pegawai kafe dipampang di sudut ruangan. Sepeda motor ini menjadi bahan pertunjukan di dalam kafe.

Kafe ini masih menyediakan makanan dan minuman untuk pelintas jalan lingkar luar kota London. Mereka tidak perlu lagi khawatir dengan aksi kekerasan para pemotor. Masa-masa penuh kekerasan telah lewat.

(lth/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Bertandang Ke Kafe Bikers Bersejarah Di London

Rabu 4 November 2015 | Berita Otomotif

Brasilia -Renault bersiap launching Duster dengan tampilan sport utility vehicle (SUV) reli yakni Dakar Edition. Mobil itu khusus buat pasar Brasil. Seperti dilansir Rushlane, Rabu (4/11/2015)…

Minggu 20 Desember 2015 | Berita Otomotif

London -Sebuah diler mewah di Inggris SuperVettura kini sudah memasarkan mobil super yang berasal Swedia Koeningsegg One:1 dengan banderol setara dengan US$ 6 juta atau sekitar…

Sabtu 9 April 2016 | Berita Otomotif

  Jakarta, KompasOtomotif – All New Civic generasi kesepuluh yaitu model pertama dengan mesin turbo yg dijual PT Honda Porspect Motor (HPM) di Indonesia. Dibanding…