Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Berkunjung Ke “Markas” Isuzu Di Thailand

Minggu, Maret 27th 2016.

Bangkok, KompasOtomotif – Thailand yaitu salah sesuatu basis produksi terbesar Isuzu di Asia Tenggara, khususnya di segmen Light Commercial Vehicle (LCV). Beberapa model andalan, seperti pikap D-Max dan Sport Utility Vehicle (SUV) MU-X diproduksi di negara ini.

Selain itu, Thailand juga yaitu basis ekspor Isuzu bagi kedua model ke semua dunia, mengandalkan beberapa fasilitas, yakni Gateway Plant dan Samrong Plant.

Lewat undangan ekslusif PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), KompasOtomotif bersama jurnalis lain, Rabu (22/3/2016), berkesempatan mengunjungi markas Isuzu ini, tepatnya ke Samrong Plant, di Samutprakam, Thailand. Pabrik ini yaitu dapur Isuzu buat memproduksi D-Max dan MU-X, sedangkan Gateway Plant fokus merakit truk.

General Manager Isuzu Motors International Thailand Yohei Kato, mengatakan, pabrik ini sehari dapat memproduksi 800 unit D-Max dan 150 unit MU-X. Komposisinya buat D-Max terdiri dari kabin ganda, kabin tunggal, dan extra cab (space cab).

“Total karyawan di pabrik ini (Samrong) 2.000 orang dan di Gateway 2.000 orang,” ujar pria berbangsa Jepang itu.

dok.Isuzu Proses perakitan Isuzu MU-X di pabrik Samrong, Thailand.

Pabrik yg memiliki kapasitas produksi 240.000 unit per tahun ini berdiri di atas lahan seluas 231.400 m2. Fasilitasnya terdiri dari frame assembly, axle mounting, engine mounting, cab mounting, body assembly, painting hingga final inspection.

Kato melanjutkan, D-Max itu sendiri akan diproduksi di Thailand pada Mei 2002. Selanjutnya, di 2011 memproduksi All New D-Max dan di 2013 pabrik tersebut akan merakit MU-X. Pekerjanya hampir sebagian besar masih mengandalkan tenaga manusia, namun telah ada yg memakai robot.

“Pabrik ini tak cuma bagi pasar lokal, tapi melakukan ekspor ke dua negara seperti Australia, Timur Tengah, hingga Indonesia,” kata Kato.

dok.Isuzu Proses perakitan Isuzu MU-X di pabrik Samrong, Thailand.

Saat kunjungan ke pabrik tersebut, sayangnya pihak Isuzu tak memperbolehkan awak media mengambil gambar dalam bentuk apapun. Hanya orang Isuzu yg diperbolehkan mengabadikan momen perakitan dari nol hingga menjadi sesuatu unit kendaraan.

Sejarah Singkat

Isuzu berada di Thailand pada Maret 1957, ketika itu statusnya masih sebagai pengimpor. Lantas di November 1963 akan memproduksi TDX, TWD model dan di April 1966 menjadi Isuzu Motor Co dan Desember 1974 lanjut produksi pikap KB-20 model.

Berlanjut November 1997, akan membangun kantor pusat sekaligus meresmikan pabrik Gateway di Gateway City Industrial Estate, Huasamrong, Plaeng-Yao, Chachoengsao, Thailand.

Mulai Juli 1999, pikap diekspor ke Australia dan pada November 2013, Isuzu merayakan hari jadi ke-50 tahun di Thailand.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Berkunjung Ke “Markas” Isuzu Di Thailand

Sabtu 28 November 2015 | Berita Otomotif

Phuket -Ferrari telah launching mobil sport beratap terbuka 488 Spider di Thailand. Dengan diluncurkannya 488 Spider di Thailand, customer dari Indonesia otomatis telah dapat akan memesan.…

Sabtu 23 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan sepeda motor di Indonesia tahun dahulu tak begitu menggembirakan. Pencapaian selama 12 bulan ditutup di angka 6.480.155 unit, atau turun 18…

Senin 4 Januari 2016 | Berita Otomotif

Washington, KompasOtomotif – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menunjukan bahwa menjadi orang nomor sesuatu di negeri Paman Sam bukan berarti tak milik selera humor. Orang…