Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Berkendara Saat Hujan, Cek Bagian-bagian Mobil Ini

Kamis, Januari 7th 2016.

Jakarta -Berkendara di musim hujan berbeda dengan berkendara ketika keadaan jalan normal. Agar tetap aman di jalanan yg basah, Anda harus memperhatikan kelaikan bagian-bagian kendaraan.

Mulai dari keadaan ban hingga kelistrikan harus diperhatikan. Sebab, bagian-bagian mobil memegang peran utama dalam keselamatan berkendara saat hujan.

Instruktur Defensive Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah menyarankan, saat berkendara di tengah hujan, sebelum berangkat Anda harus melakukan inspeksi pra-perjalanan. Adapun bagian kendaraan yg harus diinspeksi yg pertama adalah kelayakan ban berdasarkan tire wear indicator (TWI).

“Karena ini (kelayakan ban) mempunyai efek dalam stabilitas kendaraan tersebut di ketika lintasan yg licin. Karena kecelakaan umum pada ketika hujan banyak diakibatkan oleh selip pada roda kendaraan yg akhirnya dapat mengakibatkan mobil melintir atau tak terkontrol,” kata Boy kepada detikOto melalui pesan singkatnya, Rabu (6/1/2016).

Selanjutnya, bagian yg perlu diperhatikan adalah keadaan wiper. Wiper harus berfungsi dengan baik dan airnya juga harus terisi penuh.

“Karena pada ketika hujan visibilitas menjadi faktor pendukung munculnya bahaya dan risiko di jalan raya,” kata Boy.

Sistem kelistrikan seperti lampu-lampu dan klakson harus berfungsi normal. Sebab, bagian ini juga menjadi faktor penting agar pengendara yang lain mengetahui keberadaan kendaraan Anda.

“Lampu depan, belakang dan klakson harus berfungsi dengan baik. Ini juga faktor yg harus dipahami, karena di ketika hujan komunikasi antara pengguna jalan raya mulai sangat terganggu dengan cuaca yg mengganggu pandangan kami sebagai pengemudi,” ujar Boy.

Langkah selanjutnya adalah cek apakah kendaraan Anda memiliki sistem keamanan anti-selip seperti ABS atau traction control. Kalau tak ada, maka Anda harus ekstra hati-hati ketika berkendara di tengah hujan.

“Kalau tak dilengkapi dengan sistem-sistem tersebut maka pengemudi harus lebih waspada mulai terjadinya selip,” ucap Boy.

(rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Berkendara Saat Hujan, Cek Bagian-bagian Mobil Ini

Rabu 18 November 2015 | Berita Otomotif

Seoul -Akhir-akhir ini pabrikan mobil akan menggarap mobil masa depan yg ramah lingkungan. Salah sesuatu pilihannya adalah mobil hidrogen. Kabarnya, Kia juga mulai melahirkan mobil hidrogen.…

Minggu 20 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bandung -Saat ini, dua pabrikan otomotif akan gencar mengampanyekan kendaraan ‘hijau’ atau kendaraan ramah lingkungan. Biasanya, pabrikan mengembangkan mobil hybrid atau mobil listrik sebagai mobil hijau.…

Kamis 12 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan Yamaha V-ixion pada Oktober 2015 tiba-tiba anjlok drastis. Dari yg biasanya 35.000-an bulan dulu tinggal 18.000-an. Mungkinkah para calon konsumen sedang…