Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

”Benang Kusut” Menanti Bos Baru Nissan Indonesia

Rabu, Maret 23rd 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Nissan Motor Asia Pacific mengumumkan segera pergantian pucuk pimpinan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Selasa (22/3/2016). Antonio Zara, mulai menjadi Presiden Direktur NMI, efektif per 1 April 2016, menggantikan Steve Ardianto.

Tugas berat pun menanti Zara. Pria Filipina yg sebelumnya sukses menjabat sebagai President dan Managing Director Nissan Philippines, Inc. (NPI) itu mulai menjalani masa-masa berat untuk Nissan di Indonesia. Dalam empat tahun terakhir, merek Jepang itu selalu memperlihatkan tren negatif.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan total Nissan di Indonesia pada puncaknya diraih pada 2012 silam dengan angka 67.143 unit. Lalu merosot sedikit pada 2013 dengan 61.119 unit.

Semakin parah pada 2014, Nissan cuma terjual 33.789 unit di Indonesia, atau turun hampir 50 persen. Kendati demikian, masih ada Datsun yg akan menyelamatkan muka Nissan dengan penjualan 20.520 unit.

Tahun lalu, NMI juga masih menjalani masa-masa sulit. Bahkan Datsun akan mengungguli penjualan Nissan. Pada 2015, Nissan terjual 25.108 unit. Sementara Datsun laku lebih banyak, yakni 29.358 unit sepanjang 12 bulan tahun 2015.

Tugas Zara, tentu membuat merek Nissan kembali bergairah. Sukses dan kiat dia menaikkan penjualan Nissan 65 persen dalam setahun di Filipina bakal cukup membantu, meskipun pasar di Indonesia bukanlah pasar Filipina.

Indonesia milik karakteristik konsumen dan pasar yg unik. Bahkan produk yg bagus saja tidak jarang belum tentu cukup. Nissan telah milik jaringan penjualan dan servis tidak kalah dengan merek lain, dan ini dapat dijadikan salah sesuatu ”kendaraan” bagi sukses.

Tentu Zara telah atau bakal milik formula, dan kami nantikan kebangkitan Nissan di Indonesia di bawah pemimpin baru.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article ”Benang Kusut” Menanti Bos Baru Nissan Indonesia

Jumat 27 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Lexus Indonesia mengaku permintaan sedang tinggi tahun ini, tetapi masalahnya performa bagus itu tak didukung suplai unit dari prinsipal. Untungnya, pembeli tetap…

Senin 18 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – Lahirnya Aerox 125LC membuat semakin banyak Skutik 125 cc Yamaha yg saling berbenturan. Apalagi, Skutik bernuansa sport kental itu memakai platform mesin…

Sabtu 5 Desember 2015 | Berita Otomotif

SUV terbaru Chevrolet Trax hadir dengan performa yg mumpuni dengan mesin 1,4 liter turbocharger. Performa tersebut pun didukung dengan kenyaman dan kemudahan berkendara. Salah satunya…