Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Belajar Scrambler, Flat Tracker, Bobber, Dan Cafe Racer

Jumat, Februari 5th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Seringkali kalian mendengar modifikasi sepeda motor dengan aliran scrambler, flat tracker, bobber, atau paling tidak jarang cafe racer. Keempatnya mampu dikatakan mewakili aliran retro yg kini lagi naik daun di kalangan modifikator.

Jangan bingung membedakannya, karena Nicko Eigert, pemilik dan pelopor Smoked Garage Custom, Bali, berbicara dalam unggahan video di Youtube, menjelaskan secara sederhana, perbedaan scrambler, flat tracker, bobber, hingga cafe racer.

Dimulai dari scrambler. Model ini semakin ngetop ketika Ducati kembali memopulerkan model yg juga diberi nama Scrambler. Menurut Nicko, pada dasarnya scrambler adalah sepeda motor yg dapat dipakai on-road dan off-road.

”Ada orang yg ingin memakai sepeda motor berbasis trail, tetapi tetap mampu dipakai di jalan raya. Ini disebut scrambler, mampu digunakan di mana saja sebanyak mungkin yg Anda mau,” kata Nicko.

Lalu, dia melanjutkan, ada juga anak muda yg ingin sepeda motor dengan penampilan seolah-olah cepat, dan memang sepeda motornya tergolong cepat. Jenis ini murni lahir bagi jalanan, dengan tongkrongan yg rendah, gesit, dan mampu melahap tikungan dengan cepat.

Bobber? Kata Nicko macam ini lebih pendek. ”Nyantai, kalem, tak banyak menimbulkan suara. Posisi motornya cruiser mode, ban tebal-tebal, enak dipakai perjalanan jarak jauh,” ucap Nicko yg sukses di usia 26 tahun itu.

Satu lagi yg juga menjadi bagian dari aliran retro, yakni flat tracker. Model ini milik tongkrongan yg tinggi, juga disebut sepeda motor yg serba bisa. ”Anda mampu menaikkan ke trotoar, turun lagi. Lebih cekatan karena setangnya pendek,” kata Nicko.

Tentu, ini hanyalah penjelasan simpel. Jika dijabarkan lagi, semakin banyak detail dari setiap model. Namun Nicko menegaskan bahwa pemakaian model-model ini berawal dari keinginan dan karakter pribadi yg diarahkan ke berbagai model tersebut.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Belajar Scrambler, Flat Tracker, Bobber, Dan Cafe Racer

Jumat 4 Desember 2015 | Berita Otomotif

Amsterdam, KompasOtomotif – Para pemegang saham di Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akhirnya sepakat bagi melepaskan Ferrari dari naungan perusahaan holding Italia-Amerika itu. Keputusan ini yaitu…

Rabu 10 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Harley Davidson Asia Pacific mencari rekan baru bagi diler dan pengembangkan jaringan dealership di Indonesia. Langkah ini dikerjakan setelah perjanjian dengan PT Mabua…

Kamis 18 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Beberapa bulan terakhir mobil SUV (Sport Utility Vehicle) tengah ‘ranum’ di Indonesia. Banyak pabrikan yg merilis mobil SUV di awal tahun. Tak terkecuali Daihatsu. PT…