ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Begini Strategi Daihatsu Genjot Penjualan Mini Sport Copen Di Jepang

Jumat, Oktober 30th 2015.

Kamakura -Penjualan generasi terbaru mobil mini sport Daihatsu Copen di Jepang terbilang cukup moncer yakni 1.000 unit lebih saban bulan. Namun, pabrikan ini ingin selalu menggenjotnya lagi. Bagaimana strateginya?

“Salah sesuatu caranya adalah, dengan pendekatan secara personal ke target pasar kami, yakni orang-orang muda, yakni dengan brand enhancement seperti di kafe tempat nongkrong mereka,” tutur Senior General Manager Daihatsu Motor Company, Toshinori Edamoto, di Kamakura, Jepang.

Menurutnya, melalui pendekatan seperti itu, bukan cuma nama Copen yg yg dikenal tapi karakter dan posisi produk pun dapat dipahami dan dirasakan oleh calon target pembeli. Mereka, kata Edamoto, umumnya mengenal nama maupun jatidiri Copen setelah melihat segera mobil bergaya sport yg mengusung mesin 660cc tersebut.

“Artinya, cara pendekatan ini cukup ampuh. Bukan sekadar awareness terhadap merek, tapi juga melangkah buat memilikinya. Penjualan cukup bagus, sejak diluncurkan rata-rata 1.000 unit lebih per bulan,” papar Edamoto.

Saat ini bekerjasama dengan pengusaha kafe yg terletak di pusat wisata Kamakura, Jepang, membuat Copen Local Base Kamakura. Persis di ruang tengah dan bagian depan ruangan yg berdiri di areal seluas 220 meter persegi itu, dipajang mobil Copen versi terbaru yakni Copen Cero.

“Di kafe kita saban harinya rata-rata 100 orang datang. Mereka tidak cuma pemilik (mobil Copen) tapi pengunjung umum yg rata-rata orang muda. Mereka rata-rata kagum dengan Copen karena desainnya yg unik seperti supercar,” papar Store Manager Copen Local Base Kamakura, Toru Sato.

Memang, Sato tidak menjual atau bertindak sebagai diler dari Daihatsu Copen. Tempatnya cuma bertindak sebagai wahana buat memperkenalkan merek dan jatidiri mobil mungil ini.

“Banyak yg menanyakan ke kita soal mobil ini, akan dari mesin fitur, dan tentu saja harganya. Artinya tujuan brand enhancement juga tercapai,” kata dia.

Maklum. Di tempat ini para pengunjung tidak cuma disuguhi keterangan soal seluk beluk Copen, tapi juga diberi kesepatan melakukan tes drive. “Bahkan kita berkolaborasi dengan DMC juga menggelar dua acara khusus, misalnya Green Morning Kamakura. Biasanya pertunjukan live music, bazar, atau family gathering,” ungkap Sato.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengaku teratrik dengan ide strategi seperti itu. Menurtnya, Daihatsu Indonesia yg juga menerima pemesanan Copen secara spot order itu, dapat mencontoh cara itu.

“Oleh karena itu, kepada DMC kalian juga mengatakan bagaimana dapat membangun local base seperti itu. Apalagi, di Indonesia kan juga banyak temapt-tempat hang out para eksekutif muda,” ujarnya.

Menurutnya, Copen Local Base yaitu model percontohan sebuah diler dengan gaya baru yakni dalam hal pendekatan dan sentuhan kepada calon pmbeli maupun pemilik Copen. Dengan cara seperti itu, kata Amelia, calon pembeli tidak cuma merasa diperkenalkan terhadap mobil itu, tapi juga sudah menjadi bagian dari gaya mobil itu.

Begitu pun sebaliknya, mereka mulai merasa bahwa mobil itu yaitu bagian dari gaya hidup mereka. “Karena Copen itu yaitu symbol dari gaya hidup, terutama kalangan muda para professional yg bergaya hidup aktif dan modis, dinamis. Sebab, Copen itu menyuguhkan paduan antara style, kenyamanan, keamanan, dan performa,” tuturnya.

Daihatsu Copen di Indonesia sudah diperkenalkan kepada publik Indonesia pada Mei lalu. Bahkan kegiatan tes drive buat kalangan jurnalis otomotif sudah digelar di bali pada bulan itu juga.

(arf/rgr)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Begini Strategi Daihatsu Genjot Penjualan Mini Sport Copen Di Jepang

Selasa 12 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Mahasiswa Indonesia telah memiliki niat baik bagi melahirkan mobil listrik sendiri. Bahkan, mahasiswa dari Universitas Pasundan mengaku memiliki tujuan bagi memproduksi massal mobil…

Sabtu 16 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, kali ini memang hadir lebih cepat. Jika membandingkan dengan tahun lalu, pengunjung juga menjadi…

Minggu 10 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Perjanjian perdagangan bebas antara Asia Tenggara dengan Korea Selatan (ASEAN-Korea Free Trade Area/AK-FTA) diharapkan dapat mendorong performa Kia Mobil Indonesia (KMI) tahun…