Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Begini Kronologi Kecelakaan Mobil Otonom Google Dan Bus

Selasa, Maret 15th 2016.

Austin -Beberapa waktu lalu, mobil otonom Google mengalami kecelakaan. Mobil itu menghantam bagian samping sebuah bus. Direktur Proyek Mobil Otonom Google, Chris Urmson pun membeberkan kronologinya.

Seperti dilansir CNET, Selasa (15/3/2016), pada festival SXSW Austin, Urmson menjelaskan apa yg terjadi ketika tabrakan. Dia menganggap, insiden itu yaitu pengalaman utama bagi mengembangkan teknologi.

Tabrakan terjadi pada 14 Februari dulu antara Lexus RX 450h yg dimodifikasi oleh Google dengan perangkat sensor dan kontrol bagi mengaktifkan mode otonom dengan sebuah bus di Mountain View, California. Tabrakan dengan kecepatan rendah itu mengakibatkan kerusakan kecil pada bus dan mobil, tetapi tak ada korban.

Urmson menjelakan, perusahaan sudah menyetel mobil otonom buat bergerak di pinggir jalan saat berencana bagi belok kanan. Ketika lampu dulu lintas berwarna merah, maka mobil otonom itu pun mulai berhenti.

Menuturnya, saat mobil otonom Google Lexus RX 450h itu berjalan di pinggir jalan, mobil itu mendeteksi adanya karung pasir. Alhasil, mobil otonom menetapkan bagi berhenti dan menunggu jalur sebelahnya kosong.

Setelah lampu hijau menyala, dahulu lintas akan bergerak. Lexus RX 450h hasil modifikasi Google itu mendeteksi bus yg mendekat. Mobil otonom tersebut mengasumsikan bahwa sopir bus mulai memperlambat lajunya sehingga mobil bisa selalu bergerak.

Tapi, pengemudi bus justru berasumsi bahwa mobil otonom mulai tetap berhenti. Walhasil, mobil otonom Google menghantam bagian samping bus dengan kecepatan kira-kira 2 mil per jam (sekitar 3 km/jam).

“Tim kita mulai menerapkan 3.500 tes baru buat memastikan hal ini tak mulai terjadi lagi,” kata Urmson.

Pembelajaran mendalam terhadap teknologi memainkan peran utama dalam proyek mobil otonom. Urmson mengatakan, segala mobil otonom Google yg ketika ini diuji di jalan umum sudah mengumpulkan pengalaman dari sitasi dunia nyata.

Urmson menekankan, tujuan dari proyek mobil otonom Google adalah keselamatan. Pihaknya berupaya menghapus atau setidaknya mengurangi angka kematian dulu lintas yg menyentuh 1,2 juta kematian setiap tahun di semua dunia. (rgr/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Begini Kronologi Kecelakaan Mobil Otonom Google Dan Bus

Minggu 1 November 2015 | Berita Otomotif

New Delhi, KompasOtomotif – Suzuki baru saja launching Baleno hatchback di pasar domestik India. Belum genap sesuatu bulan, konsumen yg memesan telah mencapai 4.600 orang.…

Senin 29 Februari 2016 | Berita Otomotif

Warsawa -Nenek 81 tahun ini mampu jadi nenek idaman para Otolovers. Bayangkan meskipun sudah mencapai usia 81 tahun, ia masih nyetir, dan mobilnya pun adalah sebuah…

Selasa 22 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bangkok – Thailand kembali menjadi pusat perhatian pecinta otomotif dunia dengan digelarnya Bangkok International Motor Show 2016. Beragam produk terbaik dan terbaru pun bakal diperkenalkan.…