Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Bedah Penyakit Spion Elektrik Mobil

Kamis, Desember 31st 2015.

Jakarta, KompasOtomotif – Hampir segala mobil masa kini telah memakai ”spion elektrik” bawaan pabrikan. Cukup pencet-pencet tombol khusus di dalam kabin, posisi kaca telah mampu disetel sesuai keinginan. Tapi kemudahan ini justru menjadi salah sesuatu hal yg kadang dikeluhkan.

Inilah yg kemudian memicu banyak toko aksesori membuka gerai khusus buat servis spion elektrik. Seperti yg ada di Sentra Otomotif Pasar Inpres, Duren Sawit, Jakarta Timur. Penyervis spion elektrik cukup banyak, rata-rata menangani berbagai keluhan yg itu-itu saja.

”Memang tak ada perawatan khusus bagi spion elektrik. Tapi kalau telah rusak, harus ke ahlinya. Membuka cover buat macam tertentu saja cukup sulit. Ada juga yg harus buka kaca, atau yg segera congkel,” kata Heri Midianto, pemilik toko The Art of Sound di Sentra Otomotif Pasar Inpres.

Menurut Heri, cuma ada beberapa penyakit spion elektrik yg tidak jarang dijumpai. Berikut ulasannya:

1. Motor pada kaca spion tidak berfungsi. Hal ini tidak yang lain karena usia. Saat komponen ini rusak, kaca tidak dapat digerakkan, atau dapat bergerak tetapi sulit. Efek lebih jauh, karena pengoperasian yg berat, saklar jadi kena imbas ikutan rusak. Solusinya, ganti atau servis motornya.

2. Saklar elektrik tidak berfungsi. Ini adalah komponen bagian dalam, yg biasa dipencet dan terletak pada kabin. Penyebabnya sama, karena usia dan seringnya dioperasikan. Komponen ini jauh lebih sulit penanganannya, karena sistem elektrikal di dalamnya tidak memakai kabel, tetapi sirkuit.

Tampaknya simpel, tetapi biaya yg dibutuhkan buat servis spion cukup mahal. Kerusakan paling ringan dapat dipatok Rp 250.000. Jika ganti atau servis sesuatu set, biaya yg disiapkan dapat mencapai Rp 800.000 hingga Rp 1,2 juta.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Bedah Penyakit Spion Elektrik Mobil

Senin 30 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta -Belakangan ini tidak jarang muncul perdebatan soal mobil SUV yg paling bagus, apakah itu mobil yg memiliki sistem penggerak roda belakang atau depan. Khusus bagi…

Kamis 3 Maret 2016 | Berita Otomotif

Berdasarkan hasil survei yg dikerjakan oleh merdeka.com bulan Februari lalu, ternyata orang Indonesia memiliki kriteria motor idaman. Melalui survei tersebut, ada tiga pilihan kriteria motor…

Sabtu 16 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Di awal 2016 ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan menaikkan harga kendaraannya. Kenaikan tersebut dikerjakan bagi menyesuaikan BBN (Pajak Bea Balik…