ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Beberapa Langkah Sebelum Gesits Diproduksi Massal

Selasa, Mei 3rd 2016.

Surabaya, KompasOtomotif – Kolaborasi antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akhrinya berujung pada lahirnya prototipe Gesits di Gedung Riset Mobil Listrik, ITS, Surabaya, Selasa (3/5/2016). Skuter elektrik ini yaitu hasil karya anak bangsa yg ditargetkan akan produksi massal 2017.

Tetapi, sebelum produksi massal ada dua hal yg dibutuhkan bagi menyukseskan proyek ini lancar. Muhammad Nur Yuniarto, Ketua Proyek Gesits mengatakan, sebelum masuk produksi, tahap selanjutnya adalah pengetesan.

“Kami mulai tes jalan minimal 3.000 km. Juga mulai ada tes safety, keadaan ekstrem, dan sebagainya sebelum diserahkan ke Garansindo,” ucap Nur di sela perkenalan Gesits.

Selanjutnya, mulai ada finalisasi desain sebelum masuk ke pabrik. Urusan desain final ini mulai diserahkan ke Garansindo karena dianggap lebih mumpuni dalam hal pemasaran.

Harun Sjech, Head of Gesits mengatakan, mengapa Garansindo memilih mengembangkan kendaraan listrik, karena teknologi ini masih baru di dunia. Jika harus bersaing di segmen kendaraan konvensional, teknologi negara-negara maju mulai membuat Indonesia tertinggal jauh.

“Justru dengan sepeda motor listrik, segala negara di dunia masih mengembangkannya. Jadi, daya saing kami dapat bersaing dengan baik,” kata Harun.

Terkait produksi massal, ketika ini perusahaan tengah mempersiapkan proses manufaktur bagi Gesits. Persiapan pabrik masih dalam pembahasan, rencananya mulai dirakit memaksimalkan pasokan komponen lokal.

“Rencananya pabrik mulai ada di Jabodetabek, tapi tepatnya di mana, masih dalam tahap proses persiapan,” ucap Harun.

Terpenting, lanjut Nur, adalah dukungan pemerintah dalam hal regulasi. Sampai ketika ini, Indonesia masih belum memiliki regulasi baku buat kendaraan listrik. Supaya protipe anak bangsa ini tak terbengkalai, pemerintah wajib melakukan langkah kongret.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Beberapa Langkah Sebelum Gesits Diproduksi Massal

Rabu 23 Maret 2016 | Berita Otomotif

NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) Amerika Serikat baru-baru ini sudah mencatat ada lima produsen otomotif ternama dunia yg sepakat buat memakai teknologi keselamatan. Menurut…

Rabu 6 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – MPV baru Toyota Astra Motor (TAM), Sienta, yg mengisi segmen di antara Avanza Veloz dan Innova, resmi menjalani debut di Indonesia International…

Kamis 4 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -General Motors (GM) India memperkenalkan konsep Chevrolet Beat Activ di Auto Expo 2016, New Delhi, India. Konsep ini dipercaya bakal menjadi Chevrolet Beat terbaru…