Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Baru Kerja Kok Bisa Beli Mobil? Ini Triknya!

Jumat, Januari 8th 2016.

KOMPAS.com – Dengan penghasilan yang pas-pasan di kantong, rata-rata orang yg baru pertama kali bekerja alias first jobber cenderung memilih menumpang kendaraan umum buat bekerja dan beraktivitas. Kalaupun memakai kendaraan pribadi, pilihannya jatuh pada sepeda motor yg harganya relatif lebih terjangkau.

Namun, itu bukan berarti mereka tidak ingin memiliki mobil. Survei Nielsen pada 2014, misalnya, menyebutkan bahwa 54 persen responden mereka menyebut mobil adalah simbol kesuksesan, menandai masih tingginya keinginan memiliki kendaraan tersebut. Terlebih lagi, di kota-kota besar mobil juga dianggap bisa meningkatkan kualitas hidup.

Nominal pendapatan dan tabungan yg belum cukup sebenarnya bukan halangan buat memiliki mobil, termasuk bagi first jobber. Kalau mobil baru terlalu mahal, misalnya, mobil bekas mampu menjadi solusi. Kalau bayar tunai mobil bekas pun masih terlalu mahal, ada fasilitas kredit sebagai solusinya.

Simulasi

Katakanlah, penghasilan kelompok first jobber berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Aturan pembiayaan membatasi maksimal cicilan per bulan adalah 30-an persen penghasilan, atau kisaran Rp 900.000 hingga Rp 1,5 juta bagi pemisalan tersebut. Angka ini harus menjadi patokan.

Tapi, harus diingat juga bahwa kredit apapun mulai mensyaratkan uang muka pembayaran. Meskipun harus menabung bagi mendapatkan down payment itu, setidaknya jangka waktu yg dibutuhkan lebih singkat daripada buat mengumpulkan uang seharga kendaraan.

Mobil88 Banyak program promosi selama masa pembukaan showroom baru Mobil88 Bekasi.

Merujuk aturan terbaru Bank Indonesia tentang loan to value (LTV) atau financing to value (FTV), minimal uang muka pembelian kendaraan bermotor adalah 25 persen harga jual kendaraan idaman. Sebut saja, mobil incaran berharga Rp 80 juta. Artinya, uang muka yg harus disiapkan dan dibayar di muka adalah Rp 20 juta dan tersisa kebutuhan dana Rp 60 juta.

Tinggal dihitung, apakah nominal maksimal cicilan per bulan di atas mampu mendapatkan nilai kredit yg dibutuhkan buat pembayaran dalam jangka waktu tertentu?

Dengan angka cicilan sama per bulan, nilai kredit yg didapat mampu berbeda saat jangka waktu pinjaman berubah. Ingat, ada faktor bunga yg melekat pada nominal pinjaman Anda.

Dengan pemisalan tersebut, uang muka mampu dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari beberapa tahun bila kemampuan mencicil bulanan Rp 900.000 sampai Rp 1,5 juta dikumpulkan dulu. Itu juga kalau benar-benar tidak ada tabungan atau jalan yang lain mendapatkan dana bagi uang muka. Selebihnya, dengan cicilan yg sama, mobil idaman dapat dibawa pulang dan pembayaran dilanjutkan laiknya kredit yg lain.

Situs web khusus mobil bekas mobil88, misalnya, mencantumkan ratusan mobil second hand seharga kisaran simulasi di atas dalam daftar penjualan. Artinya, first jobber pun bukan tidak mungkin milik mobil idaman meski baru sesuatu atau beberapa tahun bekerja.

Beberapa perusahaan penjual mobil bekas bahkan memberikan tawaran benefit tambahan kepada para pelanggan. Sebagai contoh, mobil88 menggelar Great Opening Funtastic (GO Fun) pada 8-31 Januari 2016, dengan memberikan aneka hadiah segera buat setiap pembelian mobil bekas di sana. Tertarik?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Panduan Beli Mobil Bekas Berkualitas

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Baru Kerja Kok Bisa Beli Mobil? Ini Triknya!

Kamis 4 Februari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Yamaha ingin membuktikan kalau mereka adalah produsen motor yg beda dari kompetitor di Indonesia. Salah sesuatu caranya dengan berani memperkenalkan produk-produk baru yg belum ada…

Minggu 13 Desember 2015 | Berita Otomotif

Surabaya – Mazda Motor Indonesia (MMI) kembali mempertegas komitmen mereka bagi perkembangan industri otomotif Tanah Air dengan turut berpartisipasi dalam ajang pameran otomotif GIIAS Surabaya…

Senin 21 Maret 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Saat ini, telah banyak konsumen yg membeli sepeda motor kedua khususnya di Ibu Kota. Bicara sepeda motor kedua, biasanya bukan lagi bagi…