Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ban Serep Toyota Sienta Berbeda Ukuran

Jumat, April 8th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif – Salah sesuatu hal utama bagi diketahui calon konsumen yg kepincut Toyota Sienta merupakan MPV produksi lokal ini membawa ban cadangan lebih kecil dari ukuran ban aslinya. Artinya, bila ban cadangan dipakai tak dapat digunakan buat jangka waktu lama.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Model terbaru Toyota buat Indonesia, Sienta diperkenalkan di IIMS 2016.

Ukuran ban cadangan lebih kecil dapat saja ditawarkan dan tak melanggar Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Selain itu juga selaras dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Pada PP Pasal 47 (2) dijelaskan, ban cadangan bisa memiliki lebar tapak yg berbeda dengan ban yg terpasang pada kendaraan tersebut tapi memiliki diameter keseluruhan sama.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ban cadangan Toyota Sienta ukuran 16 inci 195/55 pada tipe Q (kiri) dan 15 inci 185/60 pada tipe E (kanan).

Pilihan ukuran ban Sienta di Indonesia ada tiga, yakni 15 inci 185/60 (tipe E dan G), 16 inci 195/50 (tipe V), dan 16 inci 195/55 (tipe Q). Menurut data spesifikasi pada brosur, ban cadangan yg tersedia disesuaikan dengan beberapa diameter yakni 15 inci dan 16 inci.

Febri Ardani/KompasOtomotif Ukuran ban cadangan Sienta 105/70 diameter 16 inci.

Pantauan KompasOtomotif dari empat unit Sienta yg ditampilkan di stan Toyota Astra Motor di Indonesia International Motor Show 2016, semuanya membawa ban cadangan. Namun ukurannya seragam 16 inci dengan spesifikasi 105/70.

Ban serep itu tentu tak persoalan bagi tipe V dan Q karena diameternya sama seperti ban terpasang, tetapi dapat jadi persoalan di jalanan buat pemilik tipe E dan Q yg pakai ukuran 15 inci terpasang. Bila ketauhan melanggar dengan membawa ban cadangan beda ukuran sanksinya pidana kurungan paling lama sesuatu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Darurat

Ban serep Sienta lokasinya di bawah lantai kabin paling belakang. Buat mengeluarkannya jok baris ketiga harus dilipat ke depan, lantas ban mampu dikeluarkan.

Ban cadangan dengan ukuran lebih kecil status penggunaannya cuma sementara, jadi harus diganti secepatnya dengan ukuran yg sama seperti ban aslinya. Perlu diperhatikan tinggi mobil berubah ketika memakai ban cadangan lebih kecil.

Selain itu disarankan manufaktur, mobil tak melewati jalan berpermukaan rusak dan tak melaju di atas 80 kpj,

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

  • Pameran Otomotif Nasional 2016

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ban Serep Toyota Sienta Berbeda Ukuran

Jumat 25 Maret 2016 | Berita Otomotif

New York -Nissan memperkenalkan bentuk transportasi masa depan lewat Nissan New Mobility Concept. Mobil berukuran mini tersebut ditenagai listrik dan dimodifikasi bagi penggunaan di Amerika Serikat.…

Sabtu 9 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Pada pertengahan 2015, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) launching New Ertiga di Indonesia. Saat itu pula fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan…

Kamis 17 Maret 2016 | Berita Otomotif

Toyota C-HR sudah dirilis di ajang Geneva Motor Show 2016. Namun sayangnya itu sangat tertutup dan tak smeua orang dapat mendekat. Namun kali ini kejutan…