ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA

Surabaya

Menu

Bagaimana Mencegah Mobil Dicuri?

Rabu, Desember 23rd 2015.

London -Zaman semakin canggih, teknologi yg dikembangkan mobil pun makin canggih. Namun hal itu tak menjamin mobil anda luput dari incaran pencuri. Banyaknya pencurian mobil yg terjadi juga salah satunya disebabkan oleh kelalaian dari pemilik mobil.

Meski mobil telah terkunci dan milik alarm, namun rupanya para pencuri mobil ketika ini juga semakin canggih dalam melakukan aksinya. Supaya hal itu tak terjadi pada anda, berikut tips agar mobil anda terhindar dari pencurian, dilansir The Telegraph, Selasa (22/12/2015).

1. Periksa mobil sampai benar-benar percaya terkunci

Sebagian besar mobil-mobil modern milik fitur canggih yg mulai menginformasikan apakah mobil telah terkunci dengan baik. Informasi tersebut biasanya disajikan secara visual.

Saat anda telah memencet tombol “lock” pada kunci mobil, perhatikan lampu indikator yg menyala bagi meyakinkan bahwa mobil benar-benar terkunci. Jika lampu indikator kunci tak menyala, mampu saja mobil belum terkunci.

Biasakan juga buat mengeceknya kembali lewat dengan menarik tuas pintu mobil buat memastikan bahwa mobil benar-benar terkunci.

2. Parkir di tempat yg benar dan sesuai

Saat mengunjungi suatu tempat, anda harus telah mampu memprediksi apakah lokasi tersebut aman buat memarkir mobil anda. Biasanya lokasi yg mencurigakan membuat kalian was-was buat memarkir mobil, tetapi jangan tertipu juga dengan lokasi yg anda perkirakan biasa-biasa saja karena tindak kriminal mampu terjadi dimana saja dan kapan saja.

Jika anda menemukan lokasi parkir tepat di bawah lampu jalan, maka pilihan itu salah sesuatu yg terbaik. Apalagi seandainya anda memarkir waktu dalam waktu yg lama dari pagi hingga malam hari.

Selain itu, misalnya saja anda sedang mengunjungi restoran, anda dapat memarkir mobil di tempat yg masih mampu anda jangkau buat melihat mobil tersebut ketika berada dalam restoran. Misalnya tempat tersebut tak bisa anda jangkau bagi melihat, setidaknya mulai ada orang yg melihat seandainya ada hal yg mencurigakan pada mobil.

Sama halnya saat anda memarkir mobil di parkiran mall. Pilih tempat parkir di dekat pintu masuk dan berada di dekat mobil-mobil lain. Biasanya pencuri lebih senang melancarkan aksi pencurian mobil di ujung parkir.

Maling sering memakai jammer yg mencegah mobil terkunci

3. Sembunyikan barang-barang anda

Banyak orang yg tidak jarang mengabaikan hal yg sesuatu ini. Barang-barang seperti tas, jaket, ataupun sweater meskipun kelihatan tak bernilai, barang tersebut mampu menarik perhatian pencuri pada mobil anda.

Jangan lupa buat menyimpan dengan baik dokumen utama anda yg berada dalam mobil agar tak menjadi sasaran pencuri.

4. Pasang alat keamanan tambahan

Pada mobil-mobil modern, fitur keamanan biasanya juga semakin canggih mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya dengan alarm atau immobilizer. Tidak ada salahnya bagi berjaga-jaga, anda tidak mengurangi perangkat keamanan tambahan. Misalnya saja pada pengunci setir kemudi atau pada pedal.

Anda juga dapat memasang alat pelacak atau tracking seandainya sewaktu-waktu mobil anda dicuri, bisa dengan langsung dilacak oleh pihak kepolisian. Kamera CCTV kecil juga mampu dipasang pada mobil anda buat memudahkan dalam mencari pelaku pencurian mobil.

Memang buat tidak mengurangi perangkat tersebut membutuhkan biaya tambahan. Tapi hal itu menjadi bernilai sebagai upaya pencegahan anda dari pencurian mobil.

5. Optimalkan fitur keamanan yg ada pada mobil

Hal yang lain yg bisa anda lakukan bagi mencegah aksi pencurian mobil yakni dengan mengoptimalkan fungsi pada fitur keamanan mobil. Apalagi pada mobil modern sudah dibekali fitur keamanan terkini. Misalnya ketika anda menutup pintu, mobil segera terkunci secara otomatis.

Anda juga mampu memakai fitur Follow Me Home. Fitur Follow Me Home ini mulai menolong Anda saat di parkiran atau garasi tak ada lampu atau gelap. Anda jadi tak mulai merasa kegelapan dan dapat masuk ke rumah dengan bantuan pencahayaan dari mobil Anda. Kalau Anda maling yg mengendap-endap minimal mampu Anda deteksi.

Beberapa mobil terbaru memiliki fitur Follow Me Home

6. Ingat dimana anda menyimpan kunci mobil

Hal yg sesuatu ini adalah yg paling gampang dilakukan, tetapi kebanyakan pemilik mobil kadang lupa dimana menaruh kunci mobil mereka. Selalu ingat di kantong mana anda menyimpan kunci.

Atau seandainya anda berada di dalam rumah, pastikan jangan meninggalkan kunci mobil di dekat jendela karena dapat saja ada pencuri yg masuk ke area rumah anda dan dengan gampang menemukan kunci anda yg berada di dekat jendela itu.

Jangan pula menaruhnya di kasur atau dekat bantal anda. The Telegraph menulis bahwa sebagian besar masalah kriminal mengintai pemilik mobil ketika pencuri menerobos masuk ke rumah dan tak menemukan kunci mobil dimanapun.

Pencuri biasanya segera menduga kunci itu ada di bawah bantal atau di tempat tidur pemilik mobil. Dengan resiko tersebut, pastikan kunci mobil anda disimpan di tempat yg aman dan gampang buat anda buat mengingatnya.

7. Perhatikan pelat nomor

Misalnya anda menemukan mobil anda dicuri dan masih sempat buat melihat mobil anda tersebut, perhatikan plat nomornya. Biasanya buat mengaburkan pencarian, pencuri mulai mengganti plat nomor dengan yg palsu.

Pastikan anda lihat plat nomor mobil yg dibawa pencuri tersebut dan mengingatnya agar memudahkan proses pencarian oleh pihak kepolisian.

8. Jangan biarkan mobil tetap menyala

Misalnya saja anda sedang terburu-buru buat pergi ke toilet di SPBU terdekat dalam waktu sebentar, jangan sampai lupa bagi mematikan mesin mobil anda. Waktu sesuatu detik pun bisa dimanfaatkan pencuri buat melancarkan aksi mereka.

Sama halnya ketika memanaskan mobil, jangan sampai anda meninggalkan mobil atau lengah dari pengawasan karena pencuri mampu dengan langsung tancap gas dan membawa mobil anda.

(nkn/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Bagaimana Mencegah Mobil Dicuri?

Rabu 20 Januari 2016 | Berita Otomotif

Bogor, KompasOtomotif – Saat peluncuran Yamaha Aerox 125LC di Sirkuit Sentul, Bogor, (18/1/2016), dua kali PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membandingkannya dengan yg disebut…

Minggu 15 November 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat 2015 seri penutup (15/11/2015), kembali memecahkan rekor terbaru. Pencapaian terbesar yg ditorehkan pada seri ketiga, 26,7 kpl berhasil…

Rabu 2 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan harga Honda BR-V, di Jakarta, Rabu (2/12/2015). Crossover 7-seater ini dibanderol dengan range harga Rp 226,5…