Isuzu Surabaya

Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo – Surabaya, Jawa Timur

Menu

Ayo, DLLAJ Dan Korlantas Lebih Bersinergi Lagi

Senin, Maret 7th 2016.

Jakarta, KompasOtomotif — Jalanan bukan punya pribadi, ada banyak kepentingan umum di dalamnya karena setiap pengguna mempunyai tujuan berbeda. Maka dari itu, cara main berlalu lintas dibuat biar seluruh pihak tahu apa yg boleh dan dilarang.

Di Indonesia, regulator dahulu lintas yakni Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, rumus kebijakannya disiapkan oleh Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) atas evaluasi di lapangan. Namun, penegak hukumnya ada di tangan Kepolisian Negara Republik Indonesia lewat Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Menurut Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center, fungsi pihak-pihak itu sering tak berjalan beriringan. Ia mengungkap, contohnya yellow box junction (YBJ), belum banyak masyarakat yg memahami keberadaannya.

YBJ telah digunakan di Indonesia sejak 2010, tapi sampai sekarang dapat dikatakan sebagian besar masyarakat belum mengerti apa yg harus diperbuat bila menemukannya di persimpangan jalan. Penyebaran keterangan soal YBJ dan aturan-aturan baru lainnya seharusnya tak cuma dikerjakan di permukaan, tapi juga sampai ke rakyat sebagai pengguna jalan yg sebenarnya.

“Korlantas juga telah akan membuat program-program keselamatan berkendara, tapi masih sendiri-sendiri. Alangkah lebih baik disinergikan agar dampaknya lebih besar. Kadang tak ada keterkaitan, harusnya bersinergi, kalau mau kondisinya jadi lebih baik,” ujar Bintarto, Sabtu (4/3/2016).

“Masalah transportasi bukan cuma membuat dulu lintas lebih lancar, ada hal-hal lain, terutama dari pengembangan sumber daya manusia. Kita mampu berubah menjadi budaya yg berkeselamatan berkendara,” ucap Bintarto.  

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Mobil Terbaru

Related Article Ayo, DLLAJ Dan Korlantas Lebih Bersinergi Lagi

Rabu 16 Desember 2015 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Sejarah captain seat di baris kedua Toyota Kijang Innova telah dimulai sejak 2005 ketika varian terbatas yg cuma dibuat 500 unit, V…

Minggu 7 Februari 2016 | Berita Otomotif

New Delhi -Setelah memperkenalkan konsepnya kepada dunia di gelaran Geneva Motor Show 2015 lalu, Tata Motors akhirnya launching versi produksi dari Tata Hexa di ajang Auto…

Senin 25 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta – Ford Motor Indonesia (FMI) sebagai agen tunggal pemegang merek (APM) Ford di Indonesia, secara mengejutkan mengumumkan mundur dan menghentikan semua operasinya. Kabar ini…