ISUZU MOTOR INDONESIA

AUTHORIZED DEALER

Menu

Aturan Wajib Helm Dicabut, Jumlah Pemotor Tewas Di Amerika Melonjak

Rabu, Januari 13th 2016.

Washington -Jumlah pemotor tanpa helm yg tewas dalam kecelakaan di Amerika Serikat sepanjang tahun dahulu melonjak tajam. Bahkan disebut sudah berada pada tingkat mengkhawatirkan.

Laporan American Journal of Surgery yg dilansir Autoevolution, Rabu (13/1/2016) menyebut, jumlah kematian pemotor tanpa helm itu diketahui dari hasil penelitian yg dikerjakan sebuah rumah sakit di Michigan. Penelitian tersebut dikerjakan selama tujuh bulan, dan terjadi setelah peraturan yg mewajibkan penggunaan helm untuk pemotor dicabut.

Pada tahun 2012, pemerintah lokal Michigan dan sejumlah negara bagian lainnya mencabut aturan yg mewajibkan penggunaan helm untuk pemotor berusia di atas 21 tahun. Helm tak wajib dipakai berlaku buat mereka yg sudah memiliki surat izin mengemudi dan memiliki pertanggungan asuransi senilai US$ 20.000 atau sekitar Rp 274 juta.

Laporan itu juga menyebut pusat trauma rumah sakit mencatat risiko pemotor yg kecelakaan dan dirawat di fasilitas medis meningkat empat kali lipat. Bahkan meningkat 28 persen sejak aturan wajib berhelm dicabut, dan 7 persen dibanding sebelum aturan dicabut.

Sementara jumlah kematian pemotor tanpa helm meningkat tiga kali lipat dibanding jumlah ketika aturan wajib helm berlaku. Jumlah korban kecelakaan yg sekarat di rumah sakit mencapai 10 persen dari total jumlah korban kecelakaan. Padahal, sebelumnya cuma 3 persen.

“Peningkatan korban meninggal pengendara tidak berhelm, sama besarnya dengan mereka yg kecelakaan akibat penggunaan alkohol,” sebut seorang sumber.

Adapun biaya perawatan korban kecelakaan tidak berhelm sudah meningkat dari US$ 20.970 atau sekitar Rp 287,3 juta menjadi US$27.760 atau sekitar Rp 380,31 juta. (arf/ddn)
Sumber: http://oto.detik.com

Mobil Terbaru

Related Article Aturan Wajib Helm Dicabut, Jumlah Pemotor Tewas Di Amerika Melonjak

Kamis 7 Januari 2016 | Berita Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif – Honda Prospect Motor (HPM) baru saja memecahkan rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah di Indonesia. Pada 2015 lalu, Honda mencatatkan penjualan mencapai 159.253…

Jumat 11 Maret 2016 | Berita Otomotif

Bugatti Chiron sudah melakukan debutnya di Geneva Motor Show 2016. Mobil tercepat ini segera memukau banyak pengunjung pameran tersebut. Di ajang tersebut, penerus Bugatti Veyron…

Kamis 7 April 2016 | Berita Otomotif

Jakarta -Siang ini akun Honda di YouTube menunjukkan teaser motor anyar. Apakah ini Honda Supra X 150 yg tidak jarang diperbincangkan itu? Videonya singkat, cukup 8…